Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT

Main Author: AtikaApriliaPramesti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148443/1/051003025.pdf
http://repository.ub.ac.id/148443/
ctrlnum 148443
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/148443/</relation><title>Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling : Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT</title><creator>AtikaApriliaPramesti</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT) merupakan salah satu industri pangan yang mengolah bahan baku yang berasal dari sektor pertanian yaitu ubi jalar. Bakpao telo merupakan salah satu dari sekian banyak produk inovasi yang diproduksi oleh SPAT dan memiliki prospek yang baik. Produk telo cukup diminati oleh konsumen, hal ini terlihat dari angka penjualan yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yaitu mencapai 676.234 biji pada tahun 2008 dan 688.588 biji pada tahun 2009. Permasalahan yang terjadi adalah pihak SPAT belum pernah melakukan analisis mengenai pengaruh inovasi produk yang telah dilakukan dan kepuasan pelanggan yang tercipta dari inovasi tersebut terhadap lahirnya sifat loyal dari pelanggan. &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Mei 2010 di Terminal Agrobisnis SPAT Malang. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. &#xD; Hasil penelitian SEM inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan bakpao telo diperoleh nilai CR 2,358 dengan nilai signifikansi 0,036. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga ada pengaruh variabel inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Inovasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT karena memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,046 dan CR 1,972.. Kepuasan pelanggan juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan nilai signifikansi sebesar 0,027 dan CR 1,968. Hal tersebut berarti variabel inovasi produk mempengaruhi terbentuknya kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan dapat menjadi mediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan. &#xD; Hubungan yang terjadi antara inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan adalah hubungan kausal tidak langsung (indirect effect). Melalui kepuasan pelanggan, inovasi produk memberikan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,836. Makin baik inovasi produk yang dilakukan oleh pihak SPAT, maka makin besar terciptanya loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal agrobisnis SPAT.</description><date>2010-08-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/148443/1/051003025.pdf</identifier><identifier> AtikaApriliaPramesti (2010) Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling : Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2010/218/051003025</relation><recordID>148443</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AtikaApriliaPramesti
title Analisis Pengaruh Inovasi Produk Pangan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modeling : Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT
title_sub Studi Kasus Produk Bakpao Telo SPAT
publishDate 2010
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/148443/1/051003025.pdf
http://repository.ub.ac.id/148443/
contents Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT) merupakan salah satu industri pangan yang mengolah bahan baku yang berasal dari sektor pertanian yaitu ubi jalar. Bakpao telo merupakan salah satu dari sekian banyak produk inovasi yang diproduksi oleh SPAT dan memiliki prospek yang baik. Produk telo cukup diminati oleh konsumen, hal ini terlihat dari angka penjualan yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yaitu mencapai 676.234 biji pada tahun 2008 dan 688.588 biji pada tahun 2009. Permasalahan yang terjadi adalah pihak SPAT belum pernah melakukan analisis mengenai pengaruh inovasi produk yang telah dilakukan dan kepuasan pelanggan yang tercipta dari inovasi tersebut terhadap lahirnya sifat loyal dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 Mei 2010 di Terminal Agrobisnis SPAT Malang. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang. Hasil penelitian SEM inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan bakpao telo diperoleh nilai CR 2,358 dengan nilai signifikansi 0,036. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga ada pengaruh variabel inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Inovasi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT karena memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,046 dan CR 1,972.. Kepuasan pelanggan juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal Agrobisnis SPAT dengan nilai signifikansi sebesar 0,027 dan CR 1,968. Hal tersebut berarti variabel inovasi produk mempengaruhi terbentuknya kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan dapat menjadi mediasi pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan. Hubungan yang terjadi antara inovasi produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan adalah hubungan kausal tidak langsung (indirect effect). Melalui kepuasan pelanggan, inovasi produk memberikan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,836. Makin baik inovasi produk yang dilakukan oleh pihak SPAT, maka makin besar terciptanya loyalitas pelanggan bakpao telo di Terminal agrobisnis SPAT.
id IOS4666.148443
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:50:01Z
last_indexed 2021-10-28T07:36:01Z
recordtype dc
_version_ 1751454620362735616
score 17.538404