Pemilihan Supplier Berdasarkan Evaluasi Kinerja dan Penentuan Jumlah Persediaan. studi Kasus di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang

Main Author: LinaFatmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147977/1/050803534.pdf
http://repository.ub.ac.id/147977/
Daftar Isi:
  • Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo (ABWS) merupakan Rumah Makan yang menyediakan menu utama ayam bakar dan goreng. Pada bulan Mei 2008, ABWS tidak dapat memenuhi keinginan konsumen sebesar 165 potong ayam bakar bagian dada karena kedatangan bahan baku tidak tepat waktu. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan melalui pemilihan supplier. Pemilihan supplier dilakukan berdasar evaluasi kinerja. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan prioritas supplier dan menentukan jumlah persediaan yang tepat di gudang. Penelitian dilakukan pada bulan Juni–Juli 2008. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif. Jumlah responden yang digunakan adalah 3 orang. Analisa data dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan alternatif prioritas supplier, metode Time Series Decomposition untuk meramalkan permintaan yang akan datang, dan metode Continous Review (Q) System untuk menentukan jumlah persediaan. Hasil menunjukkan bahwa 2 supplier terbaik adalah supplier A dan C dengan bobot total yaitu 37,096% dan 38,732%. Rata-rata permintaan ayam adalah sebesar 201 potong per hari. Jumlah ayam yang harus dipesan sebesar 455 potong dan frekuensi pemesanan ayam dilakukan 13 kali dalam sebulan. Jumlah tersebut akan dialokasikan pada supplier A sebesar 216 dan supplier C sebesar 239.