Kualitas Pelayanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang

Main Author: LauraSukmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147907/1/050802090.pdf
http://repository.ub.ac.id/147907/
ctrlnum 147907
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/147907/</relation><title>Kualitas Pelayanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang</title><creator>LauraSukmawati</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Kualitas atau mutu pelayanan menjadi tuntunan penting dalam situasi persaingan baik di tingkat global, nasional, industri dan perusahaan. Hal yang harus diperhatikan dalam sebuah pelayanan adalah kemampuan manajemen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Pihak manajemen pengelola Rumah Makan Wong Solo seringkali memiliki persepsi yang sempit tentang kualitas jasa pelayanan, misalnya penekanan berlebihan pada penyediaan sarana bangunan yang mewah serta makanan dan minuman yang lezat, tetapi mengabaikan aspek atau atribut lainnya seperti keramahan, kesopanan serta kecepatan pelayanan. Berdasarkan wawancara dan observasi lapangan diperoleh bahwa kendala yang dialami oleh Rumah Makan Wong Solo pelayanannya adalah lambatnya dalam proses penyajian. Selain itu tidak adanya pembaharuan tentang pengukuran kepuasan pelanggan yang secara kontinyu dari waktu ke waktu, hal tersebut dikarenakan Rumah Makan Wong Solo tidak pernah melakukan pengukuran terhadap kepuasan pelanggan sehingga mengakibatkan Rumah Makan Wong Solo tidak dapat mengetahui perubahan tingkat kepuasan pelanggan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang kualitas pelayanan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen di Rumah Makan Wong Solo Malang. Metode yang digunakan dalam mengukur kualitas pelayanan adalah Metode Servqual, karena metode ini mendasarkan atas suatu riset yang sangat komprehensif, mudah dipahami dan mempunyai instrumen yang jelas untuk melakukan pengukuran. Kuisioner disebarkan kepada 76 konsumen yang pernah berkunjung dan makan di Rumah Makan Wong Solo Malang dalam satu bulan terakhir, dengan menggunakan variabel: tangible (tampilan fisik) , reliability (kehandalan) , responsiveness (daya tanggap) , assurance (jaminan) dan empaty (empati). Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Malang sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan selama ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan nilai rata-rata persentase tingkat kesesuaian kualitas pelayanan sebesar 1.09196 %. Atribut-atribut yang akan menjadi prioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan di Rumah Makan Wong Solo yaitu tampilan fisik karyawan, tampilan fisik fasilitas pendukung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.</description><date>2008-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147907/1/050802090.pdf</identifier><identifier> LauraSukmawati (2008) Kualitas Pelayanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTP/2008/139/050802090</relation><recordID>147907</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LauraSukmawati
title Kualitas Pelayanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang
publishDate 2008
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/147907/1/050802090.pdf
http://repository.ub.ac.id/147907/
contents Kualitas atau mutu pelayanan menjadi tuntunan penting dalam situasi persaingan baik di tingkat global, nasional, industri dan perusahaan. Hal yang harus diperhatikan dalam sebuah pelayanan adalah kemampuan manajemen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Pihak manajemen pengelola Rumah Makan Wong Solo seringkali memiliki persepsi yang sempit tentang kualitas jasa pelayanan, misalnya penekanan berlebihan pada penyediaan sarana bangunan yang mewah serta makanan dan minuman yang lezat, tetapi mengabaikan aspek atau atribut lainnya seperti keramahan, kesopanan serta kecepatan pelayanan. Berdasarkan wawancara dan observasi lapangan diperoleh bahwa kendala yang dialami oleh Rumah Makan Wong Solo pelayanannya adalah lambatnya dalam proses penyajian. Selain itu tidak adanya pembaharuan tentang pengukuran kepuasan pelanggan yang secara kontinyu dari waktu ke waktu, hal tersebut dikarenakan Rumah Makan Wong Solo tidak pernah melakukan pengukuran terhadap kepuasan pelanggan sehingga mengakibatkan Rumah Makan Wong Solo tidak dapat mengetahui perubahan tingkat kepuasan pelanggan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang kualitas pelayanan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen di Rumah Makan Wong Solo Malang. Metode yang digunakan dalam mengukur kualitas pelayanan adalah Metode Servqual, karena metode ini mendasarkan atas suatu riset yang sangat komprehensif, mudah dipahami dan mempunyai instrumen yang jelas untuk melakukan pengukuran. Kuisioner disebarkan kepada 76 konsumen yang pernah berkunjung dan makan di Rumah Makan Wong Solo Malang dalam satu bulan terakhir, dengan menggunakan variabel: tangible (tampilan fisik) , reliability (kehandalan) , responsiveness (daya tanggap) , assurance (jaminan) dan empaty (empati). Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Malang sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan selama ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan nilai rata-rata persentase tingkat kesesuaian kualitas pelayanan sebesar 1.09196 %. Atribut-atribut yang akan menjadi prioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan di Rumah Makan Wong Solo yaitu tampilan fisik karyawan, tampilan fisik fasilitas pendukung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
id IOS4666.147907
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:49:31Z
last_indexed 2021-10-28T07:35:32Z
recordtype dc
_version_ 1751454625999880192
score 17.538404