Perancangan Sistem Kendali Kecepatan Pada Mobil Berdasarkan Kemiringan Media Jalan dan Halangan Menggunakan Logika Fuzzy
Main Author: | Bawana, GanaPradipa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/147078/1/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf http://repository.ub.ac.id/147078/2/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf http://repository.ub.ac.id/147078/ |
Daftar Isi:
- Benda bergerak tidak dapat dipisahkan dengan kecepatan. Kecepatan adalah keutamaan dalam mobil sebagai benda yang bergerak. Keseimbangan kecepatan dalam medan jalan tertentu adalah hal yang sangat penting. Pada medan jalan yang menanjak, mobil membutuhkan dorongan mesin yang lebih besar agar mencapai kecepatan yang tepat untuk menanjak. Sebaliknya pada medan jalan menurun, mobil membutuhkan dorongan mesin yang lebih rendah karena daya tarik gravitasi bumi yang menyebabkan mobil lebih cepat berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sistem untuk mengontrol kecepatan mobil yang sesuai pada medan jalan tertentu. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode fuzzy logic control untuk mengontrol PWM pada mobil dengan parameter dari kemiringan, jarak benda didepan mobil, dan pengukuran RPM mobil. Sebagai aplikasi pemrograman menggunakan NI LabVIEW yang berbasis pada graphical programming dengan tampilan untuk memonitor data sensor.Dari hasil pengujian menggunakan metode fuzzy logic control dengan tujuh membership function untuk memberikan output berupa PWM terhadap motor DC menggunakan mode simulasi pada Fuzzy Designer menghitung kemiringan sebesar 0.257812, jarak 80cm, menghasilkan output fuzzy sebesar 0,927082. Sehingga menghasilkan PWM sebesar 0,927082 dengan hasil kecepatan 1,10214 kmph dan rotasi putaran roda 90rpm. Hasil tersebut sudah berhasil dalam mengendalikan kecepatan mobil.