Perancangan Sistem Kendali Kecepatan Pada Mobil Berdasarkan Kemiringan Media Jalan dan Halangan Menggunakan Logika Fuzzy

Main Author: Bawana, GanaPradipa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147078/1/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf
http://repository.ub.ac.id/147078/2/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf
http://repository.ub.ac.id/147078/
ctrlnum 147078
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/147078/</relation><title>Perancangan Sistem Kendali Kecepatan Pada Mobil Berdasarkan Kemiringan Media Jalan dan Halangan Menggunakan Logika Fuzzy</title><creator>Bawana, GanaPradipa</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Benda bergerak tidak dapat dipisahkan dengan kecepatan. Kecepatan adalah keutamaan dalam mobil sebagai benda yang bergerak. Keseimbangan kecepatan dalam medan jalan tertentu adalah hal yang sangat penting. Pada medan jalan yang menanjak, mobil membutuhkan dorongan mesin yang lebih besar agar mencapai kecepatan yang tepat untuk menanjak. Sebaliknya pada medan jalan menurun, mobil membutuhkan dorongan mesin yang lebih rendah karena daya tarik gravitasi bumi yang menyebabkan mobil lebih cepat berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sistem untuk mengontrol kecepatan mobil yang sesuai pada medan jalan tertentu. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode fuzzy logic control untuk mengontrol PWM pada mobil dengan parameter dari kemiringan, jarak benda didepan mobil, dan pengukuran RPM mobil. Sebagai aplikasi pemrograman menggunakan NI LabVIEW yang berbasis pada graphical programming dengan tampilan untuk memonitor data sensor.Dari hasil pengujian menggunakan metode fuzzy logic control dengan tujuh membership function untuk memberikan output berupa PWM terhadap motor DC menggunakan mode simulasi pada Fuzzy Designer menghitung kemiringan sebesar 0.257812, jarak 80cm, menghasilkan output fuzzy sebesar 0,927082. Sehingga menghasilkan PWM sebesar 0,927082 dengan hasil kecepatan 1,10214 kmph dan rotasi putaran roda 90rpm. Hasil tersebut sudah berhasil dalam mengendalikan kecepatan mobil.</description><date>2016-08-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147078/1/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147078/2/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf</identifier><identifier> Bawana, GanaPradipa (2016) Perancangan Sistem Kendali Kecepatan Pada Mobil Berdasarkan Kemiringan Media Jalan dan Halangan Menggunakan Logika Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/508/051608770</relation><recordID>147078</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bawana, GanaPradipa
title Perancangan Sistem Kendali Kecepatan Pada Mobil Berdasarkan Kemiringan Media Jalan dan Halangan Menggunakan Logika Fuzzy
publishDate 2016
isbn 1251503001110
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/147078/1/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf
http://repository.ub.ac.id/147078/2/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf
http://repository.ub.ac.id/147078/
contents Benda bergerak tidak dapat dipisahkan dengan kecepatan. Kecepatan adalah keutamaan dalam mobil sebagai benda yang bergerak. Keseimbangan kecepatan dalam medan jalan tertentu adalah hal yang sangat penting. Pada medan jalan yang menanjak, mobil membutuhkan dorongan mesin yang lebih besar agar mencapai kecepatan yang tepat untuk menanjak. Sebaliknya pada medan jalan menurun, mobil membutuhkan dorongan mesin yang lebih rendah karena daya tarik gravitasi bumi yang menyebabkan mobil lebih cepat berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sistem untuk mengontrol kecepatan mobil yang sesuai pada medan jalan tertentu. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode fuzzy logic control untuk mengontrol PWM pada mobil dengan parameter dari kemiringan, jarak benda didepan mobil, dan pengukuran RPM mobil. Sebagai aplikasi pemrograman menggunakan NI LabVIEW yang berbasis pada graphical programming dengan tampilan untuk memonitor data sensor.Dari hasil pengujian menggunakan metode fuzzy logic control dengan tujuh membership function untuk memberikan output berupa PWM terhadap motor DC menggunakan mode simulasi pada Fuzzy Designer menghitung kemiringan sebesar 0.257812, jarak 80cm, menghasilkan output fuzzy sebesar 0,927082. Sehingga menghasilkan PWM sebesar 0,927082 dengan hasil kecepatan 1,10214 kmph dan rotasi putaran roda 90rpm. Hasil tersebut sudah berhasil dalam mengendalikan kecepatan mobil.
id IOS4666.147078
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:53Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:23Z
recordtype dc
_version_ 1751454631186137088
score 17.538404