Implementasi Fighting System Menggunakan Dynamic Scripting dan Macro Action dalam Computer Role-Playing Game

Main Author: Abdullah, Febri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/145746/1/051306942.pdf
http://repository.ub.ac.id/145746/
Daftar Isi:
  • Secara umum, game AI adaptif mengacu ke AI berbasis agent yang memiliki kemampuan untuk melakukan learning dari tiap kesalahannya dan kemampuan untuk meng generate taktik baru yang lebih baik di setiap pertempurannya. Dynamic scripting adalah sebuah metode untuk melakukan hal tersebut. Metode ini akan melakukan proses learning dalam mengatur sebuah agent dalam melakukan proses generate script dan melakukan pemberian reward atau penalty pada tiap rule yang telah digunakan di dalam pertempuran sebelumnya. Dynamic scripting mempunyai kecenderungan dalam meng generate taktik yang terlampau kuat dengan tingkat keberagaman yang rendah dan mengarah ke taktik yang sama. Hal tersebut bisa menjadi poin yang kurang menarik bagi pemain game. Dengan menggabungkan Dynamic Scripting dan macro action yang mempunyai building block yang lebih besar, seharusnya membuat metode ini mampu memperluas keberagaman taktik yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana metode dynamic scripting dan macro action diimplementasikan ke dalam sebuah fighting system . Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan macro action mampu meningkatkan kecepatan adaptasi dan keberagaman dari script yang di generate oleh metode dynamic scripting tanpa mengesampingkan tingkat efektifitas taktik tersebut.