Analisis Pola Deformasi Dan Penyerapan Energi Dengan Variasi Rasio Peletakkan Dan Sudut Initial Fold Pada Crash Box Menggunakan Metode Oblique Crash Test
Main Author: | Kusumaningrum, HappyHanifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/145123/1/daftar_pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/145123/2/Skripsi_HAPPY_H_K_Teknik_Mesin_Brawijaya.PDF http://repository.ub.ac.id/145123/3/Jurnal_HAPPY_H_K_Teknik_Mesin_Brawijaya.pdf http://repository.ub.ac.id/145123/4/1_COVER_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/145123/5/KELENGKAPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/145123/ |
Daftar Isi:
- Crash box adalah salah satu system keselamatan pasif yang Banyak di kembangkan oleh para engineer di seluruh dunia. Fungsi dari crash Box sendiri adalah untuk melindungi penumpang kendaraan roda 4 Jika terjadi tabrakan pada badan mobil. Pada penelitian ini akan di jelaskan analisis deformasi dan penyerapan energi yang Akan di alami oleh crash box dengan adanya initial fold pada geometri crash Box serta membuat variasi sudut dari initial fold tersebut dengan besar sudutnya adalah 90°, 60°, dan 45° dan variasi rasio peletakan initial fold 1:2, 1:1, dan 2:1. Material crash box adalah mild steel. Pengujian akan ditinjau dari obliquecrash test. Penelitian di lakukan dengan menggunakan software simulasi yang berbasis Finite Elemen Method (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa poladeformasi yang dialami crash Box kebanyakan bertipe buckling dan aksial. Dapat di simpulkan dari hasil simulasi bahwa crash Box dengan intial fold 1:2 dengan sudut 90° adalah model yang Memiliki nilai penyerapan energy tertinggi.