Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Tiket Passenger pada Maskapai Penerbangan Philippine Airlines (Studi Kasus di PT. Sheira Semesta Cemerlang sebagai Agen Tunggal Philippine
Main Author: | Moeliodihardjo, Bramandito |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/144592/1/Skripsi_Bramandito_Moeliodihardjo.pdf http://repository.ub.ac.id/144592/ |
Daftar Isi:
- Sebagai agen tunggal Philippine Airlines di Indonesia, PT. Sheira Semesta Cemerlang bertanggung jawab dalam memasarkan seluruh produknya termasuk penjualan tiket passenger. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa penjualan tiket di PT. Sheira Semesta Cemerlang memiliki tingkat fluktuasi yang cenderung menurun, padahal penjualan tiket merupakan sumber pemasukkan utama yang memberikan dampak paling signifikan terhadap tingkat pendapatan perusahaan yang tentunya juga akan berpengaruh terhadap perolehan persentase market share. Penelitian ini membandingkan PT. Sheira Semesta Cemerlang dengan 2 kompetitor utama yakni PT. Andalan Usaha Cemerlang sebagai agen tunggal dari Cebu Pacific Airways di Indonesia dan Malaysian Airlines Indonesia serta beberapa kompetitor lainnya pada analisis faktor eksternal dan internal untuk rute penerbangan Indonesia-Filipina dengan melihat elemen marketing mix sebagai tolak ukur analisis awal. Setelah dilakukan analisis pada keempat āPā, didasarkan pada pernyataan beberapa pegawai dari wawancara yang dilakukan, disimpulkan bahwa hipotesis awal penyebab menurunnya tingkat penjualan tiket passenger adalah karena kurangnya promosi yang dilakukan. Penelitian ini diawali dengan menganalisis faktor eksternal & internal pada keempat āPā marketing mix perusahaan yang kemudian akan dibuat ke dalam matriks SWOT untuk menentukan rekomendasi strategi berdasarkan kondisi perusahaan pada saat ini. Selanjutnya, beberapa strategi yang dihasilkan, akan dihitung dan dianalisis dengan menggunakan quantitative strategic planning matrix (QSPM) untuk secara objektif menentukan strategi mana yang terbaik yang seharusnya diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan. Strategi yang dihasilkan sekaligus digunakan untuk menguji hipotesis awal penelitian. Pada tahap selanjutnya, akan dilakukan analisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan jenis promosi apa yang memberikan pengaruh paling signifikan terhadap peningkatan penjualan tiket passenger. Melalui perhitungan dan analisis yang dilakukan pada tahap EFAS & IFAS, SWOT, serta QSPM, disimpulkan bahwa strategi penetrasi pasar adalah yang terbaik di antara opsi keempat strategi yang dihasilkan pada matriks SWOT dengan nilai total daya tarik sebesar 5,83 yang sekaligus menjadi solusi dari permasalahan penurunan tingkat penjualan tiket passenger yang dihadapi oleh PT. Sheira Semesta Cemerlang. Selain itu pada tahap analisis regresi, dihasilkan bahwa promosi secara keseluruhan memengaruhi penjualan tiket passenger sebesar 78.9% dengan jenis promosi yang memberikan pengaruh paling signifikan adalah jenis promosi personal selling dengan persentase sebesar 43,4%.