Analisis Tegangan dan Rugi-Rugi Daya Listrik Pada Pembangunan Gardu Induk Kalasan di Yogyakarta

Main Author: Auliya, MalindaDinna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/143989/1/Cover_-_Malinda_Dinna_Auliya_-_115060307111014.pdf
http://repository.ub.ac.id/143989/2/Skripsi_-_Malinda_Dinna_Auliya_-_115060307111014.pdf
http://repository.ub.ac.id/143989/
ctrlnum 143989
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/143989/</relation><title>Analisis Tegangan dan Rugi-Rugi Daya Listrik Pada Pembangunan Gardu Induk Kalasan di Yogyakarta</title><creator>Auliya, MalindaDinna</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Pembangunan GI Kalasan diantaranya bertujuan untuk pertambahan kebutuhan tenaga listrik, memperbaiki mutu dan keandalan penyaluran tenaga listrik ke konsumen serta mendekatkan GI ke arah pelanggan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Newton Rhapson yang ada pada program PSS&#xAE;E v.33.0. Pada hasil simulasi keadaan setelah dibangun GI Kalasan, nilai tegangan mengalami kenaikan dan rugi-rugi daya menurun. Rata-rata kenaikan nilai tegangan untuk beban maksimum, rata-rata dan minimum berturut-turut sebesar 1,93 kV, 0,04 kV dan 0,15 kV. Penurunan rugi-rugi daya untuk beban maksimum, rata-rata dan minimum berturut-turut sebesar 30,94%, 15,51% dan 15,03% dari keadaan sebelum dibangun GI Kalasan. Kontingensi terjadi pada keadaan setelah dibangun GI Kalasan di saluran dari bus 1 ke bus 15 dan dari bus 6 ke bus 15 dimana nilai tegangannya menurun dan rugi-rugi daya naik. Rata-rata penurunan nilai tegangan saat terjadi kontingensi di saluran dari bus 1 ke bus 15 dan dari bus 6 ke bus 15 berturut-turut untuk beban maksimum adalah 1,84 kV dan 1,57 kV, untuk beban rata-rata adalah 2,29 kV dan 2,06 kV dan untuk beban minimum adalah 1,57 kV dan 1,40 kV. Sedangkan untuk kenaikan rugi-rugi daya pada beban maksimum sebesar 39,76% dan 36,39%, pada beban rata-rata sebesar 48,61% dan 46,17% dan pada beban minimum sebesar 40,05% dan 38,01%.</description><date>2015-10-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/143989/1/Cover_-_Malinda_Dinna_Auliya_-_115060307111014.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/143989/2/Skripsi_-_Malinda_Dinna_Auliya_-_115060307111014.pdf</identifier><identifier> Auliya, MalindaDinna (2015) Analisis Tegangan dan Rugi-Rugi Daya Listrik Pada Pembangunan Gardu Induk Kalasan di Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2015/832/051600623</relation><recordID>143989</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Auliya, MalindaDinna
title Analisis Tegangan dan Rugi-Rugi Daya Listrik Pada Pembangunan Gardu Induk Kalasan di Yogyakarta
publishDate 2015
isbn 1150603071110
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/143989/1/Cover_-_Malinda_Dinna_Auliya_-_115060307111014.pdf
http://repository.ub.ac.id/143989/2/Skripsi_-_Malinda_Dinna_Auliya_-_115060307111014.pdf
http://repository.ub.ac.id/143989/
contents Pembangunan GI Kalasan diantaranya bertujuan untuk pertambahan kebutuhan tenaga listrik, memperbaiki mutu dan keandalan penyaluran tenaga listrik ke konsumen serta mendekatkan GI ke arah pelanggan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Newton Rhapson yang ada pada program PSS®E v.33.0. Pada hasil simulasi keadaan setelah dibangun GI Kalasan, nilai tegangan mengalami kenaikan dan rugi-rugi daya menurun. Rata-rata kenaikan nilai tegangan untuk beban maksimum, rata-rata dan minimum berturut-turut sebesar 1,93 kV, 0,04 kV dan 0,15 kV. Penurunan rugi-rugi daya untuk beban maksimum, rata-rata dan minimum berturut-turut sebesar 30,94%, 15,51% dan 15,03% dari keadaan sebelum dibangun GI Kalasan. Kontingensi terjadi pada keadaan setelah dibangun GI Kalasan di saluran dari bus 1 ke bus 15 dan dari bus 6 ke bus 15 dimana nilai tegangannya menurun dan rugi-rugi daya naik. Rata-rata penurunan nilai tegangan saat terjadi kontingensi di saluran dari bus 1 ke bus 15 dan dari bus 6 ke bus 15 berturut-turut untuk beban maksimum adalah 1,84 kV dan 1,57 kV, untuk beban rata-rata adalah 2,29 kV dan 2,06 kV dan untuk beban minimum adalah 1,57 kV dan 1,40 kV. Sedangkan untuk kenaikan rugi-rugi daya pada beban maksimum sebesar 39,76% dan 36,39%, pada beban rata-rata sebesar 48,61% dan 46,17% dan pada beban minimum sebesar 40,05% dan 38,01%.
id IOS4666.143989
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:46:21Z
last_indexed 2021-10-28T07:31:52Z
recordtype dc
_version_ 1751454664110374912
score 17.538404