Hubungan Asupan Zat Besi, Protein, Dan Vitamin C Dengan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Negeri Pembina I Kota Malang

Main Author: Fadhilah, Yuniar Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1432/1/Yuniar%20Nur%20Fadhilah.pdf
http://repository.ub.ac.id/1432/
Daftar Isi:
  • Masa prasekolah adalah masa dimana kognitif anak berkembang dengan pesat. Kekurangan asupan zat gizi pada masa ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak yang berdampak pada perkembangan kognitif. Zat besi dan protein berperan dalam sintesis neurotransmitter, sedangkan vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan zat besi, protein, dan vitamin C dengan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina I Kota Malang. Desain penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel 52 responden. Data asupan zat besi, protein, dan vitamin C diperoleh dari pengisian Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ) dan Food Record, sedangkan data perkembangan kogniitf diperoleh dengan cara wawancara dan observasi dengan instrumen yang dikembangkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Indonesia 2004. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki asupan zat besi cukup (52,8%), asupan protein berlebih (54,7%), asupan vitamin C cukup (81,1%), dan skor perkembangan kognitif tinggi (66%). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara asupan zat besi dengan perkembangan kognitif (p=0,001; r=0,444), tidak terdapat hubungan antara asupan protein dengan perkembangan kognitif (p= 0,149), dan tidak terdapat hubungan antara asupan vitamin C dengan perkembangan kognitif (p=0,179). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan asupan zat besi dengan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina I Kota Malang, tetapi tidak terdapat hubungan antara asupan protein dan vitamin C dengan perkembangan kognitif anak di TK Negeri Pembina I Kota Malang.