Analisis Pengaruh Lingkungan Pemasaran Dan Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Structural Equation Modelling (Studi Kasus: CV. Dea Cake & Bakery)
Daftar Isi:
- Berkembangnya kegiatan industri dan persaingan dalam bidang industri semakin meningkat pada era saat ini. Salah satu pelaku usaha yang sedang berkembang dan mengalami peningkatan persaingan tersebut yaitu Dea Cake & Bakery. Seiring dengan kegiatan-kegiatan usaha yang terus dilakukannya, persaingan yang ada juga terus meningkat. Untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan usaha, diperlukan langkah strategi yang lebih terarah. Salah satu langkah tersebut yaitu dengan melakukan strategi usaha yang lebih mengarah kepada kebutuhan konsumen. Penilaian kebutuhan pelanggan dapat dilakukan dengan menilai hal-hal yang diterima oleh pelanggan mengenai kondisi lingkungan pemasaran yang dirasakan perlu untuk dilakukan oleh pihak Dea serta melalui kondisi kepuasan dari strategi usaha bauran pemasaran yang telah dilakukan maupun harus dilakukan. Penilaian lingkungan pemasaran serta strategi Bauran pemasaran dapat digunakan untuk menilai kondisi dari konsumen dikombinasikan dengan kepuasan pelanggan. Untuk melakukan analisis dari hubungan hal-hal tersebut, dipilih metode analisis Structural Equation Modelling (SEM). SEM digunakan untuk menganalisis hubungan dari variabel lingkungan pemasaran, bauran pemasaran, dan kepuasan pelanggan. Data pada analisis SEM didapatkan dari penyebaran data kuesioner terhadap 100 pelanggan Dea. Dari data tersebut, dilakukan analisis SEM berdasarkan model struktural yang telah dibuat pada software AMOS. Dari model yang ada, dilakukan identifikasi apakah model dipastikan memiliki solusi untuk dianalisis atau tidak, serta pengujian asumsi dan kesesuaian model. Dari Output pada AMOS, didapatkan hasil bahwa model termasuk overidentified sehingga dapat dilanjutkan untuk analisis serta diketahui bahwa model memenuhi asumsi normalitas dan multikolinearitas. Dari uji kesesuaian model, diketahui bahwa model belum fit, sehingga perlu dilakukan modifikasi. Modifikasi dilakukan berdasarkan Output dari AMOS, dari modifikasi model, didapatkan hasil bahwa model modifikasi telah memenuhi kesesuaian model. Analisis pengaruh dilakukan pada variabel, subvariabel serta indikator yang digunakan dalam model. Dari hasil diketahui bahwa pengaruh pada lingkungan pemasaran tidak berpengaruh terhadap bauran pemasaran, namun bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Digunakan 3 subvariabel pada variabel bauran pemasaran dengan nilai yang paling kurang mewakili dari 7 subvariabel yang ada. Subvariabel tersebut antara lain Place (Tempat), Physical Evidence (Lingkungan Fisik), dan Promotion (Promosi). Indikator pada subvariabel tempat yaitu mengenai papan nama atau sign board yang digunakan oleh Dea, serta pada subvariabel lingkungan fisik yaitu indikator luasan dekorasi outlet dan tempat parkir. Dari ketiga kondisi tersebut dapat diberikan saran perbaikan strategi usaha yang dapat dilakukan.