Rekayasa E-Commerce Untuk Mendukung Pengembangan Jaringan Pemasaran (Studi Kasus pada Sentra IKM Perhiasan Perak Tempeh Lumajang)
Daftar Isi:
- Sentra IKM Perhiasan Perak Tempeh Lumajang merupakan salah satu sentra unggulan yang mempunyai prospek cukup bagus untuk dikembangkan di masa mendatang. Sistem pemasaran yang dilakukan oleh sentra tersebut adalah dengan bergantung pada showroom atau outlet tertentu di Bali dan Yogyakarta. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan pengetahuan mereka tentang teknologi informasi. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pengembangan sebuah solusi teknologi informasi untuk sistem pemasaran dengan menggunakan website e-commerce. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC), mulai dari perencanaan, analisis, desain, dan implementasi. Penelitian ini menggunakan software Prestashop, yaitu sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat free open source yang bisa digunakan untuk membuat e-commerce atau toko online. Software ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe website e-commerce. Prototipe tersebut telah diuji dengan hasil uji verifikasi menyatakan semua fitur-fitur yang ada di dalam sistem dapat berjalan dengan baik, hasil uji validasi menyatakan bahwa sistem dapat berjalan sesuai dengan user requirement yang sudah ditentukan, dan hasil uji prototipe menyatakan bahwa sistem website e-commerce ini lebih memudahkan user dalam mengakses informasi tentang produk perhiasan perak. Kesimpulan yang dapat diambil adalah prototipe website e-commerce yang dibuat dapat digunakan sebagai pengembangan jaringan pemasaran secara online.