Pemodelan Pemilihan Moda Antara Ka Dan Bus Dengan Metode Stated Preference Rute Malang-Yogyakarta

Main Author: Amelia, SabrinaRizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/141714/
ctrlnum 141714
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/141714/</relation><title>Pemodelan Pemilihan Moda Antara Ka Dan Bus Dengan Metode Stated Preference Rute Malang-Yogyakarta</title><creator>Amelia, SabrinaRizqi</creator><subject>624 Civil engineering</subject><description> Kota Malang dan Kota Yogyakarta memiliki kesamaan sebagai kota pendidikan dan kota tujuan wisata. Oleh karena itu, potensi pergerakan untuk tujuan Yogyakarta dan Malang cukup besar dan diprediksi akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Untuk dapat memenuhi demand di masa yang akan datang, maka direncanakanlah moda kereta api rute Malang-Yogyakarta PP. Diharapkan dengan adanya kereta api tersebut dapat memberikan suatu pemilihan moda baru yang lebih kompetitif kepada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode Stated Preference, berdasarkan persepsi penumpang bus dapat terjadi perpindahan moda dari bus ke kereta api apabila selisih biaya perjalanan antara kereta api dengan bus lebih murah Rp 12.500,- dari bus, dengan selisih waktu tempuh perjalanan kereta api dapat lebih cepat 1,5 jam ke atas daripada bus, serta frekuensi jumlah keberangkatan dapat mencapai 1x dalam sehari sudah dapat menjadi alternatif pilihan moda. Sedangkan berdasarkan persepsi penumpang kereta api, dapat terjadi perpindahan moda apabila selisih biaya perjalanan antara kereta api dengan bus maksimal lebih mahal Rp 27.500,- , dengan selisih waktu tempuh perjalanan antara kereta api dan bus tidak terlalu dipertimbangkan, serta frekuensi jumlah keberangkatan 1x dalam sehari sudah menjadi alternatif pilihan moda. Sedangkan apabila persepsi penumpang bus dan kereta api digabung, maka dapat terjadi perpindahan moda dari bus ke kereta api apabila selisih biaya perjalanan antara kereta api dengan bus lebih mahal Rp 15.000,- daripada bus, dengan Selisih waktu perjalanan kereta api paling tidak lebih cepat dari 0,7 jam daripada bus, serta Apabila frekuensi jumlah keberangkatan dapat mencapai lebih dari 1x hingga dapat mencapai 3x dalam sehari, dapat menjadi alternatif pilihan moda. </description><date>2013-01-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Amelia, SabrinaRizqi (2013) Pemodelan Pemilihan Moda Antara Ka Dan Bus Dengan Metode Stated Preference Rute Malang-Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2012/565/051205569</relation><recordID>141714</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Amelia, SabrinaRizqi
title Pemodelan Pemilihan Moda Antara Ka Dan Bus Dengan Metode Stated Preference Rute Malang-Yogyakarta
publishDate 2013
topic 624 Civil engineering
url http://repository.ub.ac.id/141714/
contents Kota Malang dan Kota Yogyakarta memiliki kesamaan sebagai kota pendidikan dan kota tujuan wisata. Oleh karena itu, potensi pergerakan untuk tujuan Yogyakarta dan Malang cukup besar dan diprediksi akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Untuk dapat memenuhi demand di masa yang akan datang, maka direncanakanlah moda kereta api rute Malang-Yogyakarta PP. Diharapkan dengan adanya kereta api tersebut dapat memberikan suatu pemilihan moda baru yang lebih kompetitif kepada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode Stated Preference, berdasarkan persepsi penumpang bus dapat terjadi perpindahan moda dari bus ke kereta api apabila selisih biaya perjalanan antara kereta api dengan bus lebih murah Rp 12.500,- dari bus, dengan selisih waktu tempuh perjalanan kereta api dapat lebih cepat 1,5 jam ke atas daripada bus, serta frekuensi jumlah keberangkatan dapat mencapai 1x dalam sehari sudah dapat menjadi alternatif pilihan moda. Sedangkan berdasarkan persepsi penumpang kereta api, dapat terjadi perpindahan moda apabila selisih biaya perjalanan antara kereta api dengan bus maksimal lebih mahal Rp 27.500,- , dengan selisih waktu tempuh perjalanan antara kereta api dan bus tidak terlalu dipertimbangkan, serta frekuensi jumlah keberangkatan 1x dalam sehari sudah menjadi alternatif pilihan moda. Sedangkan apabila persepsi penumpang bus dan kereta api digabung, maka dapat terjadi perpindahan moda dari bus ke kereta api apabila selisih biaya perjalanan antara kereta api dengan bus lebih mahal Rp 15.000,- daripada bus, dengan Selisih waktu perjalanan kereta api paling tidak lebih cepat dari 0,7 jam daripada bus, serta Apabila frekuensi jumlah keberangkatan dapat mencapai lebih dari 1x hingga dapat mencapai 3x dalam sehari, dapat menjadi alternatif pilihan moda.
id IOS4666.141714
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:44:29Z
last_indexed 2021-10-28T07:29:56Z
recordtype dc
_version_ 1751454825968566272
score 17.538404