Strategi Peningkatan Penjualan Produk Dengan Mengintegrasikan Metode AHP Dan Analisis SWOT
Main Author: | Dewi, ArumKusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/141118/ |
Daftar Isi:
- Saat ini di Indonesia telah terdapat banyak produsen yang membuka usaha roti dan kue, termasuk di kota Malang. Citra Kendedes Bakery termasuk salah satu usaha roti yang telah memiliki beberapa gerai di kota Malang. Oleh karena itu Citra Kendedes Bakery perlu meningkatkan penjualannya secara lebih agresif, karena termasuk market challenger. Terdapat beberapa pesaing dalam usaha roti yang juga didukung dengan banyak gerai, berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa 3 brand toko roti dan kue yang paling dikenal di kota Malang yaitu Holland Bakery (55%), Citra Kendedes Bakery (25%) dan Toko Roti Madina (15%). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data persepsi dan kebutuhan konsumen melalui kuesioner. Dalam kuesioner ini terdapat 18 variabel marketing mix yang telah disebarkan kepada 100 orang responden. Setelah data dari kuesioner diuji realibilitas dan validitasnya, hanya terdapat 17 variabel saja yang valid dan reliabel. Selanjutnya dilakukan penyusunan matriks IFE dan EFE dengan pemberian bobot dengan mempergunakan metode AHP. Setelah itu dilakukan analisis menggunakan matriks SWOT untuk membangkitkan alternatif-alternatif strategi pemasaran. Dari alternatif-alternatif strategi pemasaran tersebut, dipilih strategi terbaik yang bisa digunakan oleh perusahaan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) . Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa matriks IFE dan EFE menunjukkan skor masing-masing 3,517 dan 3,022 dari skala 5. Pada analisis SWOT dapat dibangkitkan alternatif strategi S-O (mendukung strategi agresif) yang terdiri dari product development, market development, dan market penetration. Sementara itu dari matriks QSPM, saran strategi pemasaran yang sebaiknya dipilih oleh Citra Kendedes Bakery guna meningkatkan penjualan produk adalah strategi product development dan market penetration karena kedua strategi ini memiliki perbedaan nilai yang tidak terpaut jauh yaitu masing-masing 5,221 dan 5,053.