Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Persepsi Pengguna Menggunakan Metode Webqual Dan Servqual
Main Author: | Permatasar, Amellia Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/14098/ |
Daftar Isi:
- Sebagian besar Institusi pendidikan di Indonesia memanfaatkan website sebagai media informasi yang bisa memberikan informasi yang terkait dengan suatu institusi tersebut. Pada kualitas layanan website terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengukur suatu website, misalnya metode servqual dan metode webqual. Pada metode Servqual terdapat beberapa variabel yang sudah dimodifikasi yaitu variabel Usability, Information Quality, Service Interaction, Assurance, dan Emphaty. Sedangkan pada metode webqual memiliki 3 variabel, yaitu variabel Usability, Information Quality, dan Service Interaction. Pada penelitian ini menggunakan analisis regresi dan analisis faktor. Analisis regresi dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel pada metode. Analisis faktor dilakukan untuk mengidentifikasi underlying dimensions (factor) yan dapat menjelaskan korelasi suatu variabel. Pada penelitian ini melakukan analisis kualitas layanan website denan menggunakan dua metode yaitu metode webqual dan servqual dengan menggunakan studi kasus website Jurusan Matematika FMIPA UB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode manakah yang baik digunakan untukmengukur kualitas layanan website pada Jurusan Matematika FMIPA UB. Suatu institusi pendidikan harus bisa memberikan layanan dan informasi yang akurat bagi pengguna dengan menggunakan website yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan harapan suatu institusi pendidikan tersebut. Hasil dari analisis ini diharapkan dapat mengetahui metode manakah yang baik untuk digunakan dalam kualitas layanan website pada Jurusan Matematika FMIPA UB.