Penerapan Kendali Logika Fuzzy Pada Sirip Stabilisator Di Kapal Penumpang Monostab 45

Main Author: SyafriyadiAdnan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/138736/1/050700344.pdf
http://repository.ub.ac.id/138736/
ctrlnum 138736
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/138736/</relation><title>Penerapan Kendali Logika Fuzzy Pada Sirip Stabilisator Di Kapal Penumpang Monostab 45</title><creator>SyafriyadiAdnan</creator><subject>621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting</subject><description>Kapal Monostab 45 adalah jenis kapal penumpang dengan panjang 47 meter, bobot &#xB1;150 ton, dan kapasitas angkut 512 orang penumpang. Kapal yang dirancang oleh Rodriquez Cantieri Navali S.p.A., Messina, Italia ini sering digunakan untuk keperluan pelayaran jarak menengah, khususnya penyeberangan antar pulau. &#xD; Sebagai penggerak kapal digunakan sepasang waterjet sehingga kapal mampu berlayar dengan kecepatan jelajah 35 knot. Kecepatan 35 knot yang setara dengan 64,865 km / jam merupakan kecepatan jelajah yang cukup tinggi untuk jenis kapal laut. Untuk membantu mengurangi goyang guling dan memperbaiki kestabilan kapal maka dipasang dua sirip stabilisator yang identik pada bagian tengah lambung kapal. &#xD; Menurut Kawazoe yang dalam jurnalnya yang berjudul Effect of Fin Area and Control Methods on Reduction of Roll Motion with Fin Stabilizers , mengatakan bahwa kendali logika fuzzy akan bekerja dengan baik pada kondisi periode ombak yang panjang ( long periodic wave) . Hal ini yang menjadi dasar penyusunan skripsi ini dengan menggunakan kendali logika fuzzy pada sirip stabilisator untuk mengurangi efek goyang guling ( roll motion ) yang ditimbulkan oleh ombak laut. Sehingga diharapkan kapal dapat berlayar dengan gulingan yang tereduksi seminimal mungkin untuk meningkatkan kenyamanan penumpang serta demi keselamatan pelayaran.&#xD; Dari hasil simulasi pengendalian ini dengan menggunakan software MATLAB 7.1 diperoleh hasil yang cukup baik. Pada saat diberikan gangguan ombak dengan kecepatan angin 15 knots, 20 knots, dan 30 knots menghasilkan sudut guling yang dialami oleh kapal Monostab 45 mendekati nilai 0 radian.</description><date>2007-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/138736/1/050700344.pdf</identifier><identifier> SyafriyadiAdnan (2007) Penerapan Kendali Logika Fuzzy Pada Sirip Stabilisator Di Kapal Penumpang Monostab 45. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FT/2007/5/050700344</relation><recordID>138736</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SyafriyadiAdnan
title Penerapan Kendali Logika Fuzzy Pada Sirip Stabilisator Di Kapal Penumpang Monostab 45
publishDate 2007
topic 621.3 Electrical
magnetic
optical
communications
computer engineering; electronics
lighting
url http://repository.ub.ac.id/138736/1/050700344.pdf
http://repository.ub.ac.id/138736/
contents Kapal Monostab 45 adalah jenis kapal penumpang dengan panjang 47 meter, bobot ±150 ton, dan kapasitas angkut 512 orang penumpang. Kapal yang dirancang oleh Rodriquez Cantieri Navali S.p.A., Messina, Italia ini sering digunakan untuk keperluan pelayaran jarak menengah, khususnya penyeberangan antar pulau. Sebagai penggerak kapal digunakan sepasang waterjet sehingga kapal mampu berlayar dengan kecepatan jelajah 35 knot. Kecepatan 35 knot yang setara dengan 64,865 km / jam merupakan kecepatan jelajah yang cukup tinggi untuk jenis kapal laut. Untuk membantu mengurangi goyang guling dan memperbaiki kestabilan kapal maka dipasang dua sirip stabilisator yang identik pada bagian tengah lambung kapal. Menurut Kawazoe yang dalam jurnalnya yang berjudul Effect of Fin Area and Control Methods on Reduction of Roll Motion with Fin Stabilizers , mengatakan bahwa kendali logika fuzzy akan bekerja dengan baik pada kondisi periode ombak yang panjang ( long periodic wave) . Hal ini yang menjadi dasar penyusunan skripsi ini dengan menggunakan kendali logika fuzzy pada sirip stabilisator untuk mengurangi efek goyang guling ( roll motion ) yang ditimbulkan oleh ombak laut. Sehingga diharapkan kapal dapat berlayar dengan gulingan yang tereduksi seminimal mungkin untuk meningkatkan kenyamanan penumpang serta demi keselamatan pelayaran. Dari hasil simulasi pengendalian ini dengan menggunakan software MATLAB 7.1 diperoleh hasil yang cukup baik. Pada saat diberikan gangguan ombak dengan kecepatan angin 15 knots, 20 knots, dan 30 knots menghasilkan sudut guling yang dialami oleh kapal Monostab 45 mendekati nilai 0 radian.
id IOS4666.138736
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T04:09:54Z
last_indexed 2021-10-28T07:27:35Z
recordtype dc
_version_ 1751454854704791552
score 17.538404