Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Ayam Goreng Di “Ayam Goreng Roker” Di Malang
Main Author: | Khoirurrohman, MohammadFuaduzzaki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/137384/1/BAB_1-3_edit_new_yg_dipake.pdf http://repository.ub.ac.id/137384/1/cover_skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/137384/2/DAFTAR_ISI_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/137384/3/BAB_IV-V.pdf http://repository.ub.ac.id/137384/4/Daftar_Pustaka_yg_digunakan.pdf http://repository.ub.ac.id/137384/ |
Daftar Isi:
- Kualitas produk atau pelayanan yang diberikan perusahaan dan kepuasan konsumen berhubungan erat dengan keuntungan yang akan di dapat oleh perusahaan, karena dengan kualitas produk yang memenuhi preferensi konsumen akan mengikat konsumen sehingga perusahaan tersebut tertanam dalam benak konsumen. Kualitas pelayanan memiliki nilai yang besar dalam membawa konsumen menuju ke tingkat kepuasan, sehingga kepuasan tersebut akan memberikan dampak positif bagi rumah makan ayam goreng Roker. Hal ini tentunya menguntungkan bagi pihak rumah makan karena konsumen dapat melakukan getok tular kepada teman, keluarga ataupun kepada orang lain untuk mengkonsumsi produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Kepuasan konsumen dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas konsumen kepada perusahaan. Kualitas pelayanan memiliki nilai yang besar dalam membawa konsumen menuju ke tingkat kepuasan, sehingga kepuasan tersebut akan memberikan dampak positif bagi rumah makan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian ayam goreng di “Ayam Goreng Roker” di Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen dalam pembelian terhadap kualitas pelayanan dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian ayam goreng di rumah makan Ayam Goreng Roker Malang. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan menu ayam goreng yang ditawarkan di rumah makan ayam goreng roker memiliki ciri khas dalam pengolahannya dalam bentuk ayam goreng krutug dan ayam goreng kecap. Penelitian dilakukan mulai 15 September sampai dengan 15 Oktober 2014 di “Ayam Goreng Roker” Jl. Danau Bratan C2 A11 Sawojajar dan Jl. Simpang Sulfat Utara 38 Kota Malang. Metode yang digunakan adalah studi kasus terhadap rumah makan “Ayam Goreng Roker “, dilakukan sesuai dengan tujuan awal yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai alat bantu dalam pengambilan data primer yang diambil dari 100 responden. Teknik pengambilan sampel untuk responden yang akan dijadikan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data primer di peroleh dari hasil kuisioner yang diisi oleh responden dan data sekunder di peroleh dari catatan dan arsip rumah makan ayam goreng Roker serta dari berbagai literatur. Hasil karakteristik responden yang didapatkan dari 100 responden terbanyak adalah berjenis kelamin perempuan, usia diantara 20-30 tahun yang mayoritas sebagai pelajar. Hasil ekstraksi faktor menghasilkan 6 faktor baru yaitu kelayakan produk, tempat dan pelayanan, keterampilan pelayanan dan akses pembelian, ketepatan administrasi, keterampilan pegawai, kelayakan lokasi dan penampilan pegawai dan kelayakan fasilitas parkir yang dapat mewakili 20 faktor awal. Hasil analisis regresi menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah “kelayakan produk, tempat dan pelayanan”,“keterampilan pelayanan dan akses pembelian”,“ketepatan administrasi”,“keterampilan pegawai”, “kelayakan lokasi dan penampilan pegawai” dan “kelayakan fasilitas parkir”. Kesimpulan dari penelitian adalah konsumen yang puas memberikan penilaian rata-rata baik setelah mengkonsumsi produk dan merekomendasikan kepada orang lain, harga yang cukup murah, kesesuaian harga dengan ukuran kemasan produk dan tidak ada komplain terhadap pelayanan serta berbicara positif kepada orang lain. Kualitas pelayanan antara lain “kelayakan produk, tempat dan pelayanan” dan “ketepatan administrasi” sangat dominan meningkatkan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan dengan kualitas pelayanan berupa “keterampilan pelayanan dan akses pembelian”,“keterampilan pegawai”, “kelayakan lokasi dan penampilan pegawai” dan “kelayakan fasilitas parkir” memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Goreng Roker. Saran yang perlu diberikan yakni diperlukan paket ulang tahun atau acara tertentu, penambahan sarana promosi dan peningkatan keramahan karyawan terhadap konsumen rumah makan ayam goreng roker