Analisis Jalur Pemasaran Susu Kambing Peranakan Etawa (Pe) (Studi Kasus Di Ud. Permata Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi)
Main Author: | Sanjaya, ErwinMarta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/137300/1/SKRIPSI_Erwin_Marta_Sanjaya_%280710540009%29.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/2/BAB_I-lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/3/SAMPUL.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/4/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/ |
ctrlnum |
137300 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/137300/</relation><title>Analisis Jalur Pemasaran Susu Kambing Peranakan Etawa (Pe) (Studi Kasus Di Ud. Permata Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi)</title><creator>Sanjaya, ErwinMarta</creator><subject>636 Animal husbandry</subject><description>Penelitian Ini
Dilaksanakan Pada Tanggal 21 Desember 2012 Sampai 21 Januari 2013 Di UD. Permata
Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Tujuan Dari Penelitian
Adalah Menganalisis Jalur Pemasaran Dan Menghitung Margin Pemasaran Susu Kambing
Peranakan Etawa (PE). Kegunaan Penilitian Adalah Untuk Memeberikan Informasi
Kepada Peternak Mengenai Pentingnya Pembudidayaan Ternak Dalam Rangka
Pengembangan Usaha Pada Sektor Pertanian Khususnya Peternakan, Sebagai Media
Pembelajaran Untuk Menambah Wawasan Dan Pengetahuan Mahasiswa Dilapang Dalam
Hal Pemasaran Hasil Ternak, Dan Bahan Informasi Untuk Penelitian Selanjutnya. Metode
Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Adalah Dengan Metode Survey, Dimana Pengumpulan
Data Dilakukan Dengan Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi Pada UD. Permata. Analisis
Data Yang Digunakan Adalah Dengan Analisis Saluran Pemasaran, Biaya
Pemasaran,Keuntungan Pemasaran, Margin Pemasaran, Dan Efisiensi Pemasaran. Hasil
Dari Penelitian Menunjukan Bahwa Total Kambing PE Yang Dipelihara Oleh UD.Permata
Hingga Bulan Desember 2012 Sebanyak 140 Ekor Yang Induk Laktasi 43 Ekor. Produksi
Susu Kambing Di UD. Permata Selama Bulan Desember 2012 Sebanyak 639,84 Liter Dengan
Rata-Rata Produksi Susu Sebanyak 0,48 Liter/Hari/Ekor. UD.Permata Memproduksi
Susu Segar Dan Susu Anekarasa (Rasa
Strawberry Dan Melon) Dalam Bentuk Literan Dan Kemasan 250 Ml. Harga Susu
Kambing Murni UD. Permata Adalah Sebesar Rp 20.000,00 Per Liter, Untuk Susu
Murni Dalam Botol 250 Ml Rp 5.500,00, Dan Untuk Susu Yang Beraneka Rasa Yang
Kemasan 250 Ml Sebesar Rp 6.500,00. Pedagang Besar Menjual Kembali Dengan Harga
Untuk Susu Segar Rp 22.000 Per Liter, Susu Segar Kemasan Rp 6.500 Per Botol
(250ml), Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp 7.000 Per Botol (250ml). Pedagang Pengecer
A Menjual Susu Kambing Tersebut Dengan Harga Masingmasing Susu Segar Rp 24.000
Per Liter, Susu Segar Kemasan Rp 7.500 Per Botol, Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp
8.000 Per Botol. Pedagang Pengecer B Menjual Susu Kambing PE Dengan Harga
Masing-Masing Susu Segar Rp 23.000 Per Liter, Susu Segar Kemasan Rp 6.500 Per
Botol, Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp 7.500 Per Botol. Pedagang Pengecer C Menjual
Susu Kambing PE Dengan Harga Masing-Masing Susu Segar Rp 25.000 Per Liter, Susu
Segar Kemasan Rp 7.500 Per Botol, Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp 8.000 Per
Botol. UD.Permata Melakukan Tiga Hal Dalam Pemasaran Yaitu, Perencanaan,
Penetapan Harga Dan Promosi. Biaya Produksi Yang Dikeluarkan Oleh Pihak UD.Permata
Yaitu Sebesar Rp 438.875,- Per Satuan Ternak Selama Satu Bulan. Saluran Pemasaran
Susu Kambing Terdiri Dari Lima Saluran, Yaitu 1) Produsen – Konsumen, 2) Produsen
– Pedagang Pengecer B – Konsumen, 3) Produsen – Pedagang Pengecer C – Konsumen,
4) Produsen – Pedagang Besar – Konsumen, 5) Produsen – Pedagang Besar – Pedagang
Pengecer A – Konsumen. Biaya Pemasaran UD. Permata Terkait Pada Banyaknya
Aktifitas Fungsi Pemasaran, Seperti Pengumpulan, Pengangkutan, Penyimpanan,
Pengolahan, Sehingga Biaya Pemasaran UD.Permata Tergolong Besar Bila
Dibandingkan Dengan Lembaga Pemasaran Yaitu Sebesar Rp. 265.666,- Setiap Bulan
Dan Untuk Biaya Pemasaran Tiap Lembaga Pemasaran Sebesar Rp. 10.833,- Per
Bulan. Besarnya Margin Pemasaran Berbeda-Beda Pada Tiap Saluran Pemasaran Margin
Pemasaran Pada Saluran Pertama Tidak Terdapat Margin Karena Produsen Menjual
Langsung Kekonsumen Tanpa Ada Perubahan Harga. Margin Pemasaran Saluran Kedua
Yaitu Susu Segar Rp 3.000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 4.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 4.000/Liter. Margin Pemasaran Saluran
Ketiga Yaitu Susu Segar Rp 5000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 8.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 6.000/Liter. Margin Pemasaran Saluran
Keempat Yaitu Susu Segar Rp 2.000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 4.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 2.000/Liter. Margin Pemasaran Saluran
Kelima Yaitu Susu Segar Rp 4.000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 8.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 6.000/Liter. Saluran Pemasaran Yang Ada
Secara Ekonomi Dapat Dikatakan Efisien Dengan Nilai Share Harga
Ditingkat Produsen Pada Masing-Masing Saluran Pemasaran Adalah Lebih Dari 40%. Share
Harga Ditingkat Produsen Pada Tiap Saluran Pemasaran, Share Harga Pada Saluran
Pertama Tidak Terdapat Share Harga Karena Produsen Menjual Langsung Kekonsumen
Tanpa Menaikan Harga. Share Harga Saluran Kedua Yaitu Susu Segar 86,96%, Susu
Segar Kemasan (Botol 250 Ml) 84,62%, Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) 86,67%.
Share Harga Saluran Ketiga Yaitu Susu Segar 80,00%, Susu Segar Kemasan (Botol
250 Ml) 73,33%, Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) 81,25%. Share Harga Saluran
Keempat Yaitu Susu Segar 90,90%, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) 84,62%, Susu
Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 92,86. Share Harga Saluran Kelima Yaitu
Susu Segar 83,33%, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) 73,33%, Susu Aneka Rasa
Kemasan (Botol 250 Ml) 81,25%. Kesimpulan Dari Hasil Penelitian Ialah Pemasaran
Susu Kambing Di UD. Permata Terdapat Lima Saluran, Margin Pemasaran Saluran
Kedua Yaitu Rp. 3.000,-/Liter Sampai Rp 4.000,-/Liter, Margin Pemasaran Saluran
Ketiga Yaitu Susu Segar Rp 5000/Liter – Rp. 8.000,-/Liter, Margin Pemasaran
Saluran Keempat Yaitu Susu Segar Rp 2.000/Liter – Rp. 4.000,-/Liter, Margin Pemasaran
Saluran Kelima Yaitu Susu Segar Rp 4.000/Liter – Rp. 8.000,-/Liter. Jalur Pemasaran
Ke Empat Lebih Efisien Dengan Nilai Farmer Share (84,62% - 92,86%)
Dibandingkan Dengan Jalur Pemasaran Ke Dua (84,62% - 86,96%), Jalur Pemasaran
Ke Tiga (73,33% - 81,25%) Dan Jalur Pemasaran Ke Lima (73,33% - 81,25%). Saran Dari
Peneliti Kegiatan Promosi Sebaiknya Lebih Ditingkatkan, Sistem Kerjasama Bagi
Hasil Dari Keuntungan Penjualan, Menambah Variasi Produk Seperti Pembuatan Susu
Pasteurisasi, Yoghurt, Dan Lain-Lain, Merencanakan, Mengontrol, Dan
Mengevaluasi Kegiatan Pemasaran Yang Dilakukan.</description><date>2013-12-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/137300/1/SKRIPSI_Erwin_Marta_Sanjaya_%280710540009%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/137300/2/BAB_I-lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/137300/3/SAMPUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/137300/4/DAFTAR_ISI.pdf</identifier><identifier> Sanjaya, ErwinMarta (2013) Analisis Jalur Pemasaran Susu Kambing Peranakan Etawa (Pe) (Studi Kasus Di Ud. Permata Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPT/2014/37/051401803</relation><recordID>137300</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sanjaya, ErwinMarta |
title |
Analisis Jalur Pemasaran Susu Kambing Peranakan Etawa (Pe) (Studi Kasus Di Ud. Permata Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi) |
publishDate |
2013 |
isbn |
280710540009 |
topic |
636 Animal husbandry |
url |
http://repository.ub.ac.id/137300/1/SKRIPSI_Erwin_Marta_Sanjaya_%280710540009%29.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/2/BAB_I-lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/3/SAMPUL.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/4/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/137300/ |
contents |
Penelitian Ini
Dilaksanakan Pada Tanggal 21 Desember 2012 Sampai 21 Januari 2013 Di UD. Permata
Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Tujuan Dari Penelitian
Adalah Menganalisis Jalur Pemasaran Dan Menghitung Margin Pemasaran Susu Kambing
Peranakan Etawa (PE). Kegunaan Penilitian Adalah Untuk Memeberikan Informasi
Kepada Peternak Mengenai Pentingnya Pembudidayaan Ternak Dalam Rangka
Pengembangan Usaha Pada Sektor Pertanian Khususnya Peternakan, Sebagai Media
Pembelajaran Untuk Menambah Wawasan Dan Pengetahuan Mahasiswa Dilapang Dalam
Hal Pemasaran Hasil Ternak, Dan Bahan Informasi Untuk Penelitian Selanjutnya. Metode
Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Adalah Dengan Metode Survey, Dimana Pengumpulan
Data Dilakukan Dengan Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi Pada UD. Permata. Analisis
Data Yang Digunakan Adalah Dengan Analisis Saluran Pemasaran, Biaya
Pemasaran,Keuntungan Pemasaran, Margin Pemasaran, Dan Efisiensi Pemasaran. Hasil
Dari Penelitian Menunjukan Bahwa Total Kambing PE Yang Dipelihara Oleh UD.Permata
Hingga Bulan Desember 2012 Sebanyak 140 Ekor Yang Induk Laktasi 43 Ekor. Produksi
Susu Kambing Di UD. Permata Selama Bulan Desember 2012 Sebanyak 639,84 Liter Dengan
Rata-Rata Produksi Susu Sebanyak 0,48 Liter/Hari/Ekor. UD.Permata Memproduksi
Susu Segar Dan Susu Anekarasa (Rasa
Strawberry Dan Melon) Dalam Bentuk Literan Dan Kemasan 250 Ml. Harga Susu
Kambing Murni UD. Permata Adalah Sebesar Rp 20.000,00 Per Liter, Untuk Susu
Murni Dalam Botol 250 Ml Rp 5.500,00, Dan Untuk Susu Yang Beraneka Rasa Yang
Kemasan 250 Ml Sebesar Rp 6.500,00. Pedagang Besar Menjual Kembali Dengan Harga
Untuk Susu Segar Rp 22.000 Per Liter, Susu Segar Kemasan Rp 6.500 Per Botol
(250ml), Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp 7.000 Per Botol (250ml). Pedagang Pengecer
A Menjual Susu Kambing Tersebut Dengan Harga Masingmasing Susu Segar Rp 24.000
Per Liter, Susu Segar Kemasan Rp 7.500 Per Botol, Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp
8.000 Per Botol. Pedagang Pengecer B Menjual Susu Kambing PE Dengan Harga
Masing-Masing Susu Segar Rp 23.000 Per Liter, Susu Segar Kemasan Rp 6.500 Per
Botol, Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp 7.500 Per Botol. Pedagang Pengecer C Menjual
Susu Kambing PE Dengan Harga Masing-Masing Susu Segar Rp 25.000 Per Liter, Susu
Segar Kemasan Rp 7.500 Per Botol, Dan Susu Aneka Rasa Kemasan Rp 8.000 Per
Botol. UD.Permata Melakukan Tiga Hal Dalam Pemasaran Yaitu, Perencanaan,
Penetapan Harga Dan Promosi. Biaya Produksi Yang Dikeluarkan Oleh Pihak UD.Permata
Yaitu Sebesar Rp 438.875,- Per Satuan Ternak Selama Satu Bulan. Saluran Pemasaran
Susu Kambing Terdiri Dari Lima Saluran, Yaitu 1) Produsen – Konsumen, 2) Produsen
– Pedagang Pengecer B – Konsumen, 3) Produsen – Pedagang Pengecer C – Konsumen,
4) Produsen – Pedagang Besar – Konsumen, 5) Produsen – Pedagang Besar – Pedagang
Pengecer A – Konsumen. Biaya Pemasaran UD. Permata Terkait Pada Banyaknya
Aktifitas Fungsi Pemasaran, Seperti Pengumpulan, Pengangkutan, Penyimpanan,
Pengolahan, Sehingga Biaya Pemasaran UD.Permata Tergolong Besar Bila
Dibandingkan Dengan Lembaga Pemasaran Yaitu Sebesar Rp. 265.666,- Setiap Bulan
Dan Untuk Biaya Pemasaran Tiap Lembaga Pemasaran Sebesar Rp. 10.833,- Per
Bulan. Besarnya Margin Pemasaran Berbeda-Beda Pada Tiap Saluran Pemasaran Margin
Pemasaran Pada Saluran Pertama Tidak Terdapat Margin Karena Produsen Menjual
Langsung Kekonsumen Tanpa Ada Perubahan Harga. Margin Pemasaran Saluran Kedua
Yaitu Susu Segar Rp 3.000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 4.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 4.000/Liter. Margin Pemasaran Saluran
Ketiga Yaitu Susu Segar Rp 5000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 8.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 6.000/Liter. Margin Pemasaran Saluran
Keempat Yaitu Susu Segar Rp 2.000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 4.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 2.000/Liter. Margin Pemasaran Saluran
Kelima Yaitu Susu Segar Rp 4.000/Liter, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 8.000/Liter,
Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 6.000/Liter. Saluran Pemasaran Yang Ada
Secara Ekonomi Dapat Dikatakan Efisien Dengan Nilai Share Harga
Ditingkat Produsen Pada Masing-Masing Saluran Pemasaran Adalah Lebih Dari 40%. Share
Harga Ditingkat Produsen Pada Tiap Saluran Pemasaran, Share Harga Pada Saluran
Pertama Tidak Terdapat Share Harga Karena Produsen Menjual Langsung Kekonsumen
Tanpa Menaikan Harga. Share Harga Saluran Kedua Yaitu Susu Segar 86,96%, Susu
Segar Kemasan (Botol 250 Ml) 84,62%, Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) 86,67%.
Share Harga Saluran Ketiga Yaitu Susu Segar 80,00%, Susu Segar Kemasan (Botol
250 Ml) 73,33%, Susu Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) 81,25%. Share Harga Saluran
Keempat Yaitu Susu Segar 90,90%, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) 84,62%, Susu
Aneka Rasa Kemasan (Botol 250 Ml) Rp 92,86. Share Harga Saluran Kelima Yaitu
Susu Segar 83,33%, Susu Segar Kemasan (Botol 250 Ml) 73,33%, Susu Aneka Rasa
Kemasan (Botol 250 Ml) 81,25%. Kesimpulan Dari Hasil Penelitian Ialah Pemasaran
Susu Kambing Di UD. Permata Terdapat Lima Saluran, Margin Pemasaran Saluran
Kedua Yaitu Rp. 3.000,-/Liter Sampai Rp 4.000,-/Liter, Margin Pemasaran Saluran
Ketiga Yaitu Susu Segar Rp 5000/Liter – Rp. 8.000,-/Liter, Margin Pemasaran
Saluran Keempat Yaitu Susu Segar Rp 2.000/Liter – Rp. 4.000,-/Liter, Margin Pemasaran
Saluran Kelima Yaitu Susu Segar Rp 4.000/Liter – Rp. 8.000,-/Liter. Jalur Pemasaran
Ke Empat Lebih Efisien Dengan Nilai Farmer Share (84,62% - 92,86%)
Dibandingkan Dengan Jalur Pemasaran Ke Dua (84,62% - 86,96%), Jalur Pemasaran
Ke Tiga (73,33% - 81,25%) Dan Jalur Pemasaran Ke Lima (73,33% - 81,25%). Saran Dari
Peneliti Kegiatan Promosi Sebaiknya Lebih Ditingkatkan, Sistem Kerjasama Bagi
Hasil Dari Keuntungan Penjualan, Menambah Variasi Produk Seperti Pembuatan Susu
Pasteurisasi, Yoghurt, Dan Lain-Lain, Merencanakan, Mengontrol, Dan
Mengevaluasi Kegiatan Pemasaran Yang Dilakukan. |
id |
IOS4666.137300 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-25T04:08:32Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:26:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751455522254487552 |
score |
17.538404 |