Analisis Pembentukan Citra (Image Building) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Sop Ayam Pak Min Klaten Di Tulungagung
Daftar Isi:
- Latar Belakang Dari Pelaksanaan Penelitian Ini Bahwa Komoditi Peternakan Yang Diharapkan Dapat Memenuhi Kebutuhan Protein Hewani Di Indonesia Adalah Ayam Pedaging. Peranan Ternak, Khususnya Ayam Pedaging Tidak Bisa Dipisahkan Dalam Pembangunan Di Negara Ini. Seiring Dengan Bermunculnya Rumah Makan Yang Menawarkan Produk Hasil Ternak Terutama Daging Ayam Dengan Berbagai Jenis Pengolahannya Maka Konsep Pemasaran Harus Diperhatikan Dengan Baik Agar Dapat Bersaing Serta Mengikuti Perilaku Dan Selera Konsumen Yang Sesuai Dengan Citra Rumah Makan. Salah Satu Bisnis Yang Mengandalkan Pencitraan Perusahaan ( Image Building ), Pelayanan Dan Produk Adalah Bisnis Restoran. Bisnis Ini Sekarang Sedang Berkembang Pesat, Di Perkotaan, Termasuk Di Kota Tulungagung. Banyak Sekali Di Buka Restoran-Restoran Baik Lokal Maupun Restoran Asing Yang Menawarkan Berbagai Macam Pilihan Menu Dan Rasa Di Kota Tulungagung. Restoran Asing Ternyata Merupakan Salah Satu Pesaing Yang Cukup Tangguh Bagi Restoran Lokal Di Tulungagung. Hal Ini Terbukti Dengan Semakin Banyaknya Volume Restoran Asing Diseluruh Sudut Kota Tulungagung. Bisnis Yang Menjual Daging Ayam Olahan Menjadi Semakin Maju Pesat Sebagaimana Dapat Dilihat Banyaknya Rumah Makan Baru Atupun Dengan Membuka Cabang Didaerah Lain. Salah Satu Rumah Makan Yang Menjual Daging Ayam Olahan Dan Berkembang Sangat Pesat Dalam Akhir-Akhir Ini Adalah Sop Ayam Pak Min Klaten. Pesatnya Perkembangan Sop Ayam Pak Min Klaten Di Tulungagung Yang Menjual Daging Ayam Olahan Tersebut Tidak Terlepas Kemampuannya Untuk Dapat Memaksimalkan Kepuasan Pelanggannya, Baik Melalui Pengembangan Kualitas Produk Maupun Kualitas Pencitraan Dan Pelayanan Perusahaan. Sop Ayam Pak Min Klaten Untuk Dapat Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen Memerlukan Pengakuan Konsumen Perihal Kinerja Karyawan. Produk Dari Sop Ayam Pak Min Klaten Tetap Mempertahankan Resep Racikan Bumbu Yang Dibuat Oleh Pendirinya Yaitu Pak Min Sampai Genegasi Ke Dua Yaitu Pak Mul Sehingga Rasa Dari Sop Ayam Pak Min Klaten Tetap Seperti Dulu. Penelitian Dilaksanakan Di Lokasi Dari Sop Ayam Pak Min Klaten Berada Di Jl. Supriadi No.30 Tulungagung Ini Sangat Strategis Untuk Usaha Karena Lokasinya Didepan Plaza Nirwana Tulungagung. Penelitian Dilaksanakan Mulai 2 Juni 2013 Sampai Dengan 2 Juli 2013. Tujuan Dari Penelitian Ini Untuk Mengetahui Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sop Ayam Pak Min Klaten, Kemudian Untuk Mengetahui Pengaruh Pembentukan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen Sop Ayam Pak Min Klaten. Metode Penelitian Yang Dilakukan Adalah Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dengan Instrumen Berupa Kuesioner Dengan Responden Yang Akan Dijadikan Sampel Melalui Accidental Sampling. Teknik Pengambilan Sampel Dengan Cara Purposive Methode . Data Hasil Penelitian Diolah Menggunakan Spss Dengan Versi 16,0. Uji Validitas Menunjukkan Bahwa Dari 17 Item Pertanyaan Menunjukkan Keseuaian Instrumen Berupa Kuesioner Yang Diberikan Dengan Pertanyaan Yaitu Rhitung > Rtabel (0,195), Sedangkan Pada Uji Reliabilitas Menunjukkan Bahwa 8 Variabel Dinyatakan Reliabel Karena Koefisien Alpha > Alpha Cronbach (0,5). Hasil Dari Analisis Faktor Terbentuk 4 Faktor Baru Yaitu, Indeks Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Pegawai Dengan Nilai Prosentase Varian Sebesar 29.119%, Indeks Kepedulian Pegawai Dengan Nilai Prosentase Varian 12,487%, Indeks Persepsi Penilaian Konsumen Terhadap Penyajian Hidangan Dengan Nilai Prosentase Varian Sebesar 11,406%, Dan Indeks Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Pegawai Dengan Prosentase Varian Sebesar 8,566%. Hasil Dari Analisis Regresi Linier Berganda Pengaruh Pembentukan Citra (X) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y)Dengan Menggunakan Path Pada Pengaruh X (Kualitas Pelayanan) Diperoleh Hasil Sangat Signifikan Untuk 3 Variabel Dari Hasil Faktor Yang Terbentuk, Yaitu Persepsi Pelanggan Terhadap Pelayanan Pegawai, Kepedulian Pegawai, Persepsi Penilaian Pelanggan Terhadap Penyajian Hidangan Memiliki Pengaruh Yang Sangat Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Angka Signifikansi P < 0,005 Dan Rsquare Sebesar 0,945. Kesimpulan Yang Diperoleh Dari Hasil Bahwa “Persepsi Pelanggan Terhadap Pelayanan Pegawai”, “Kepedulian Pegawai”, “Persepsi Penilaian Pelanggan Terhadap Penyajian Hidangan” Memiliki Pengaruh Positif Dan Sangat Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan