The Analysis of Gender Representation in Textbook Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High School
Main Author: | Pradana, Dio Listya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1346/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/2/2.%20BAB%201.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/3/3.%20BAB%202.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/4/4.%20BAB%203.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/5/5.%20BAB%204.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/6/6.%20BAB%205.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/ |
ctrlnum |
1346 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1346/</relation><title>The Analysis of Gender Representation in Textbook
Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High
School</title><creator>Pradana, Dio Listya</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Buku teks yang berisi kesetaraan gender diperlukan karena representasi
gender dalam buku teks berpotensi mempengaruhi siswa sebagai pengguna dan
pelajar bahasa. Terutama dalam ilustrasi di buku teks karena ilustrasi membantu
siswa mengetahui peranan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui representasi gender dalam konten ilustrasi buku teks bahasa Inggris yang
berjudul Bright "An English Course for Junior High School 2 oleh Nur Zaida yang
diterbitkan oleh Erlangga. Peneliti melakukan analisis menggunakan buku teks ini
karena telah digunakan oleh guru dan siswa selama pelaksanaan Kurikulum tahun
2013, disamping buku teks yang diterbitkan oleh pendidikan kementerian Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menggambarkan isi
buku teks dan menjelaskan representasi gender dari buku teks. Untuk menganalisis
representasi gender dalam buku teks berjudul Bright a English Course for Junior High
School, peneliti membuat instrumen penelitian. Instrumen berdasarkan daftar dari
Porreca (1980), Hamdan (2008), dan Yang (2014) tentang representasi gender dalam
buku teks bahasa inggris.
Temuan penelitian ini adalah, ketidaksetaraan gender terjadi pada tiga
dimensi yaitu jumlah gambar atau foto karakter, jumlah karakter pria dan wanita
dalam buku teks, dan dalam topik dominasi. Sementara, dalam dua dimensi lainnya
seperti pekerjaan dan aktivitas karakter laki-laki dan perempuan tidak ditemukan
ketidaksetaraan gender, laki-laki dan perempuan diwakili sama. Disarankan agar guru
berhati-hati dengan ketidaksetaraan gender dalam buku teks ini dan guru perlu
mengelola kelas untuk menciptakan respons gender yang setara. Untuk peneliti lebih
lanjut, disarankan agar mereka melakukan penelitian dalam representasi gender dari
buku teks bahasa Inggris dengan aspek yang berbeda untuk dianalisis atau isu gender
lainnya yang mungkin ada dalam buku teks bahasa Inggris seperti seksisme.</description><date>2017-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/2/2.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/3/3.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/4/4.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/5/5.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/6/6.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Pradana, Dio Listya (2017) The Analysis of Gender Representation in Textbook Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/553/051706634</relation><recordID>1346</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pradana, Dio Listya |
title |
The Analysis of Gender Representation in Textbook
Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High
School |
publishDate |
2017 |
topic |
420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
url |
http://repository.ub.ac.id/1346/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/2/2.%20BAB%201.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/3/3.%20BAB%202.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/4/4.%20BAB%203.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/5/5.%20BAB%204.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/6/6.%20BAB%205.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/1346/ |
contents |
Buku teks yang berisi kesetaraan gender diperlukan karena representasi
gender dalam buku teks berpotensi mempengaruhi siswa sebagai pengguna dan
pelajar bahasa. Terutama dalam ilustrasi di buku teks karena ilustrasi membantu
siswa mengetahui peranan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui representasi gender dalam konten ilustrasi buku teks bahasa Inggris yang
berjudul Bright "An English Course for Junior High School 2 oleh Nur Zaida yang
diterbitkan oleh Erlangga. Peneliti melakukan analisis menggunakan buku teks ini
karena telah digunakan oleh guru dan siswa selama pelaksanaan Kurikulum tahun
2013, disamping buku teks yang diterbitkan oleh pendidikan kementerian Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menggambarkan isi
buku teks dan menjelaskan representasi gender dari buku teks. Untuk menganalisis
representasi gender dalam buku teks berjudul Bright a English Course for Junior High
School, peneliti membuat instrumen penelitian. Instrumen berdasarkan daftar dari
Porreca (1980), Hamdan (2008), dan Yang (2014) tentang representasi gender dalam
buku teks bahasa inggris.
Temuan penelitian ini adalah, ketidaksetaraan gender terjadi pada tiga
dimensi yaitu jumlah gambar atau foto karakter, jumlah karakter pria dan wanita
dalam buku teks, dan dalam topik dominasi. Sementara, dalam dua dimensi lainnya
seperti pekerjaan dan aktivitas karakter laki-laki dan perempuan tidak ditemukan
ketidaksetaraan gender, laki-laki dan perempuan diwakili sama. Disarankan agar guru
berhati-hati dengan ketidaksetaraan gender dalam buku teks ini dan guru perlu
mengelola kelas untuk menciptakan respons gender yang setara. Untuk peneliti lebih
lanjut, disarankan agar mereka melakukan penelitian dalam representasi gender dari
buku teks bahasa Inggris dengan aspek yang berbeda untuk dianalisis atau isu gender
lainnya yang mungkin ada dalam buku teks bahasa Inggris seperti seksisme. |
id |
IOS4666.1346 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:30:29Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:07:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1730142661270044672 |
score |
17.538404 |