ctrlnum 1346
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1346/</relation><title>The Analysis of Gender Representation in Textbook&#xD; Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High&#xD; School</title><creator>Pradana, Dio Listya</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Buku teks yang berisi kesetaraan gender diperlukan karena representasi&#xD; gender dalam buku teks berpotensi mempengaruhi siswa sebagai pengguna dan&#xD; pelajar bahasa. Terutama dalam ilustrasi di buku teks karena ilustrasi membantu&#xD; siswa mengetahui peranan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk&#xD; mengetahui representasi gender dalam konten ilustrasi buku teks bahasa Inggris yang&#xD; berjudul Bright "An English Course for Junior High School 2 oleh Nur Zaida yang&#xD; diterbitkan oleh Erlangga. Peneliti melakukan analisis menggunakan buku teks ini&#xD; karena telah digunakan oleh guru dan siswa selama pelaksanaan Kurikulum tahun&#xD; 2013, disamping buku teks yang diterbitkan oleh pendidikan kementerian Indonesia.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menggambarkan isi&#xD; buku teks dan menjelaskan representasi gender dari buku teks. Untuk menganalisis&#xD; representasi gender dalam buku teks berjudul Bright a English Course for Junior High&#xD; School, peneliti membuat instrumen penelitian. Instrumen berdasarkan daftar dari&#xD; Porreca (1980), Hamdan (2008), dan Yang (2014) tentang representasi gender dalam&#xD; buku teks bahasa inggris.&#xD; Temuan penelitian ini adalah, ketidaksetaraan gender terjadi pada tiga&#xD; dimensi yaitu jumlah gambar atau foto karakter, jumlah karakter pria dan wanita&#xD; dalam buku teks, dan dalam topik dominasi. Sementara, dalam dua dimensi lainnya&#xD; seperti pekerjaan dan aktivitas karakter laki-laki dan perempuan tidak ditemukan&#xD; ketidaksetaraan gender, laki-laki dan perempuan diwakili sama. Disarankan agar guru&#xD; berhati-hati dengan ketidaksetaraan gender dalam buku teks ini dan guru perlu&#xD; mengelola kelas untuk menciptakan respons gender yang setara. Untuk peneliti lebih&#xD; lanjut, disarankan agar mereka melakukan penelitian dalam representasi gender dari&#xD; buku teks bahasa Inggris dengan aspek yang berbeda untuk dianalisis atau isu gender&#xD; lainnya yang mungkin ada dalam buku teks bahasa Inggris seperti seksisme.</description><date>2017-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/2/2.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/3/3.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/4/4.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/5/5.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/6/6.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1346/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Pradana, Dio Listya (2017) The Analysis of Gender Representation in Textbook Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/553/051706634</relation><recordID>1346</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pradana, Dio Listya
title The Analysis of Gender Representation in Textbook Entitled Bright an English Course for Second Years Student of Junior High School
publishDate 2017
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/1346/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/2/2.%20BAB%201.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/3/3.%20BAB%202.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/4/4.%20BAB%203.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/5/5.%20BAB%204.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/6/6.%20BAB%205.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/1346/
contents Buku teks yang berisi kesetaraan gender diperlukan karena representasi gender dalam buku teks berpotensi mempengaruhi siswa sebagai pengguna dan pelajar bahasa. Terutama dalam ilustrasi di buku teks karena ilustrasi membantu siswa mengetahui peranan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi gender dalam konten ilustrasi buku teks bahasa Inggris yang berjudul Bright "An English Course for Junior High School 2 oleh Nur Zaida yang diterbitkan oleh Erlangga. Peneliti melakukan analisis menggunakan buku teks ini karena telah digunakan oleh guru dan siswa selama pelaksanaan Kurikulum tahun 2013, disamping buku teks yang diterbitkan oleh pendidikan kementerian Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menggambarkan isi buku teks dan menjelaskan representasi gender dari buku teks. Untuk menganalisis representasi gender dalam buku teks berjudul Bright a English Course for Junior High School, peneliti membuat instrumen penelitian. Instrumen berdasarkan daftar dari Porreca (1980), Hamdan (2008), dan Yang (2014) tentang representasi gender dalam buku teks bahasa inggris. Temuan penelitian ini adalah, ketidaksetaraan gender terjadi pada tiga dimensi yaitu jumlah gambar atau foto karakter, jumlah karakter pria dan wanita dalam buku teks, dan dalam topik dominasi. Sementara, dalam dua dimensi lainnya seperti pekerjaan dan aktivitas karakter laki-laki dan perempuan tidak ditemukan ketidaksetaraan gender, laki-laki dan perempuan diwakili sama. Disarankan agar guru berhati-hati dengan ketidaksetaraan gender dalam buku teks ini dan guru perlu mengelola kelas untuk menciptakan respons gender yang setara. Untuk peneliti lebih lanjut, disarankan agar mereka melakukan penelitian dalam representasi gender dari buku teks bahasa Inggris dengan aspek yang berbeda untuk dianalisis atau isu gender lainnya yang mungkin ada dalam buku teks bahasa Inggris seperti seksisme.
id IOS4666.1346
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:30:29Z
last_indexed 2021-10-18T02:07:22Z
recordtype dc
_version_ 1730142661270044672
score 17.538404