Customer Service Mobile Dalam Pelayanan Publik Perusahaan Moda Transportasi Kereta Api Pada Masa Angkutan Lebaran 2018 ( Studi kualitatif pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta

Main Author: Ali, Muhammad Ridwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/13308/1/Muhammad%20Ridwan%20Ali.pdf
http://repository.ub.ac.id/13308/
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik pada sebuah perusahaan bidang jasa harus tetap dijaga agar pelanggan yang menggunakan jasa dari perusahaan tersebut akan tetap berlanjut menggunakan jasa dari perusahaan itu. Salah satu perusahaan yang memperhatikan pelayanan publik kepada pelanggannya adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Pengguna jasa kereta api dari tahun ketahun terus meningkat peminatnya tidak terkecuali pada saat musim libur lebaran. Jasa angkutan kereta api dijadikan pilihan transportasi oleh sebagian besar masyarakat untuk pulang kekampung halaman. Dengan meningkatnya pengguna jasa kereta api pada saat musim libur lebaran 2018, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta membuat kebijakan untuk menjaga kualitas pelayanan publik yang diberikan dengan cara menambah petugas customer service mobile. Penambahan petugas customer service mobile diharapkan dapat menjaga pelayanan yang diberikan kepada pelanggan pada saat musim mudik lebaran agar tetap prima. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi manajemen pelayanan prima yang dilakukan oleh petugas Customer service mobile PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kepada para pengguna jasa kereta api pada masa angkutan lebaran. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan juga observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta sudah memaksimalkan pelayanan prima pada saat masa angkutan lebaran 2018. Bahkan penambahan petugas Customer service mobile ini juga menjadi bagian dari upaya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta untuk mewujudkan pelayanan prima.