Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived Quality) Benih Sawi Menurut Petani di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Main Author: Mahening, Puspa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/132020/1/125040107111001_PUSPA_MAHENING_%28SKRIPSI%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/132020/
ctrlnum 132020
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/132020/</relation><title>Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived Quality) Benih Sawi Menurut Petani di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.</title><creator>Mahening, Puspa</creator><subject>338.1 Agriculture</subject><description>Salah satu sayuran yang dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis di Indonesia adalah sayuran komoditas sawi. Di Indonesia pada umumnya sawi dapat tumbuh dan berkembang di berbagai jenis tanah, namun sawi akan tumbuh optimum jika ditanam pada tanah yang kaya akan bahan organik. Sawi juga merupakan komoditas yang berpeluang dalam dunia bisnis, sehingga hal tersebut mendorong tumbuhnya produsen benih sayuran terutama komoditas sawi. Sesuai dengan kondisi iklim Indonesia seperti di Kota Batu komoditas sawi banyak dibudayakan. Sesuai pengalaman para petani sawi, komoditas sawi merupakan komoditas sayuran yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dibanding sayuran lainnya. Hal ini mendorong produsen benih sayuran terus mengembangkan produk benihnya agar terus diminati oleh konsumen. Setiap konsumen memiliki persepsiya masing-masing, konsumen benih sawi yang merupakan petani sudah memiliki kriterianya dalam memilih produk benih. Hal tersebut didukung dengan kebiasaan petani yang sudah bertahun-bertahun membudidayakan komoditas sawi dengan produk benih sawi tertentu seperti penggunaan merek benih sawi Cap Panah Merah dan Cap Kapal Terbang. Pentingnya produsen mengetahui persepsi konsumen adalah untuk mengetahui kualitas produk di lapang dan mempertahankan loyalitas petani sawi terhadap produk benih sawi. Tujuan dalam penelitain ini adalah (1) Menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan petani terhadap benih sawi Cap Kapal Terbang dan Cap Panah Merah, (2) Menganalisis persepsi kualitas merek benih sawi Cap Kapal Terbang dan Cap Panah Merah menurut petani. Berdasarkan hasil uji Cochran Q terdapat 8 atribut yang dipertimbangkan oleh petani sawi yaitu varietas, harga, memperoleh informasi, kemudahan diperoleh, tanggal kadaluarsa, produktivitas, daya tumbuh, dan daya tahan penyakit dan cuaca. Selanjutnya berdasarkan analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh hasil bahwa atribut dan variabel pendukung benih sawi Cap Panah Merah yang termasuk dalam kuadran prioritas utama untuk diperbaiki adalah daya tahan penyakit dan cuaca. Atribut yang termasuk dalam kuadran pertahankan prestasi yaitu varietas, mudah diperoleh, dan produktivitas. Atribut yang termasuk kuadran prioritas rendah yaitu kemudahan memperoleh informasi dan daya tumbuh. Sedangkan pada kuadran dengan kinerja berlebihan terdapat atribut harga. Sedangkan pada hasil atribut dan variabel pendukung benih sawi Cap Kapal Terbang yang ii termasuk dalam kuadran prioritas utama untuk diperbaiki adalah daya tahan penyakit dan cuaca. Atribut yang termasuk dalam kuadran pertahankan prestasi yaitu varietas, mudah diperoleh, tanggal kadaluarsa dan produktivitas. Atribut yang termasuk kuadran prioritas rendah yaitu kemudahan memperoleh informasi dan daya tumbuh. Sedangkan pada kuadran kinerja berlebihan terdapat atribut harga.</description><date>2017-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/132020/1/125040107111001_PUSPA_MAHENING_%28SKRIPSI%29.pdf</identifier><identifier> Mahening, Puspa (2017) Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived Quality) Benih Sawi Menurut Petani di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2017/113/051702518</relation><recordID>132020</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mahening, Puspa
title Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived Quality) Benih Sawi Menurut Petani di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
publishDate 2017
isbn 1250401071110
topic 338.1 Agriculture
url http://repository.ub.ac.id/132020/1/125040107111001_PUSPA_MAHENING_%28SKRIPSI%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/132020/
contents Salah satu sayuran yang dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis di Indonesia adalah sayuran komoditas sawi. Di Indonesia pada umumnya sawi dapat tumbuh dan berkembang di berbagai jenis tanah, namun sawi akan tumbuh optimum jika ditanam pada tanah yang kaya akan bahan organik. Sawi juga merupakan komoditas yang berpeluang dalam dunia bisnis, sehingga hal tersebut mendorong tumbuhnya produsen benih sayuran terutama komoditas sawi. Sesuai dengan kondisi iklim Indonesia seperti di Kota Batu komoditas sawi banyak dibudayakan. Sesuai pengalaman para petani sawi, komoditas sawi merupakan komoditas sayuran yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dibanding sayuran lainnya. Hal ini mendorong produsen benih sayuran terus mengembangkan produk benihnya agar terus diminati oleh konsumen. Setiap konsumen memiliki persepsiya masing-masing, konsumen benih sawi yang merupakan petani sudah memiliki kriterianya dalam memilih produk benih. Hal tersebut didukung dengan kebiasaan petani yang sudah bertahun-bertahun membudidayakan komoditas sawi dengan produk benih sawi tertentu seperti penggunaan merek benih sawi Cap Panah Merah dan Cap Kapal Terbang. Pentingnya produsen mengetahui persepsi konsumen adalah untuk mengetahui kualitas produk di lapang dan mempertahankan loyalitas petani sawi terhadap produk benih sawi. Tujuan dalam penelitain ini adalah (1) Menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan petani terhadap benih sawi Cap Kapal Terbang dan Cap Panah Merah, (2) Menganalisis persepsi kualitas merek benih sawi Cap Kapal Terbang dan Cap Panah Merah menurut petani. Berdasarkan hasil uji Cochran Q terdapat 8 atribut yang dipertimbangkan oleh petani sawi yaitu varietas, harga, memperoleh informasi, kemudahan diperoleh, tanggal kadaluarsa, produktivitas, daya tumbuh, dan daya tahan penyakit dan cuaca. Selanjutnya berdasarkan analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh hasil bahwa atribut dan variabel pendukung benih sawi Cap Panah Merah yang termasuk dalam kuadran prioritas utama untuk diperbaiki adalah daya tahan penyakit dan cuaca. Atribut yang termasuk dalam kuadran pertahankan prestasi yaitu varietas, mudah diperoleh, dan produktivitas. Atribut yang termasuk kuadran prioritas rendah yaitu kemudahan memperoleh informasi dan daya tumbuh. Sedangkan pada kuadran dengan kinerja berlebihan terdapat atribut harga. Sedangkan pada hasil atribut dan variabel pendukung benih sawi Cap Kapal Terbang yang ii termasuk dalam kuadran prioritas utama untuk diperbaiki adalah daya tahan penyakit dan cuaca. Atribut yang termasuk dalam kuadran pertahankan prestasi yaitu varietas, mudah diperoleh, tanggal kadaluarsa dan produktivitas. Atribut yang termasuk kuadran prioritas rendah yaitu kemudahan memperoleh informasi dan daya tumbuh. Sedangkan pada kuadran kinerja berlebihan terdapat atribut harga.
id IOS4666.132020
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:06:22Z
last_indexed 2021-10-28T07:21:14Z
recordtype dc
_version_ 1751454925371473920
score 17.538404