Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usahatani (Studi Kasus Di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang Dengan Menggunakan Pendekatan Analisis Efisiensi Struktur, Perilaku Dan Ki

Main Author: Hariani, Linda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/131931/1/SKRIPSI_LINDA_HARIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/131931/
Daftar Isi:
  • Struktur, perilaku dan kinerja pasar cabai rawit perlu diketahui agar pemasaran berjalan efisien. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana tingkat efisiensi pemasaran dari struktur, perilaku dan kinerja pasar cabai rawit berpengaruh terhadap pendapatan usahatani petani di daerah penelitian. Responden dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua kelompok yaitu petani dan lembaga pemasaran. Penentuan responden petani menggunakan metode simple random sampling sedangkan untuk lembaga pemasaran menggunakan snowball. Penelitian ini menganalisis efisiensi pemasaran dengan menggunakan pendekatan struktur, perilaku dan kinerja pasar. Pengukuran struktur menggunakan analisis derajat konsentrasi pasar (market share, CR4, IH, IR, koefisien gini), diferensiasi produk, hambatan keluar masuk pasar dan informasi pasar. Pengukuran perilaku menggunakan analisis penentuan harga, saluran pemasaran, kolusi dan promosi. Pengukuran kinerja menggunakan analisis marjin, share petani, share biaya, R/C ratio. Berdasarkan hasil penelitian struktur, perilaku dan kinerja pasar masih rendah dan belum efisien sehingga belum mampu meningkatan pendapatan petani.