Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Keripik Kentang Di UD. Agronas Gizi Food Kota Batu

Main Author: LeniAmbarWati, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/131819/1/RINGKASAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/131819/2/BAB_1%2C_2%2C3%2C_4%2C5%2C6.pdf
http://repository.ub.ac.id/131819/3/COVER%2C_HALAMAN_JUDUL%2C_PERNYATAAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/131819/
Daftar Isi:
  • Pengembangan agribisnis di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar, bahkan dimungkinkan dapat menjadi sektor unggulan dalam pembangunan nasional. Kreativitas pengelolaan produk-produk agribisnis dalam bentuk agroindustri, sangat berperan untuk merangsang pertumbuhan produksi komoditas pertanian. Melalui kegiatan agroindustri berbasis hortikultura ini, dapat dihasilkan berbagai macam produk pangan bagi masyarakat denga nilai komersial yang sangat tinggi. Salah satu komoditas hortikultura yang menguntungkan adalah kentang. Keunggulan dari komoditas kentang membuat kentang banyak diminati oleh masyarakat dan meningkatkan permintaan kentang di Indonesia. Kota Batu merupakan salah satu sentra penghasil komoditas kentang di Jawa Timur. Camilan keripik kentang saat ini telah menjadi salah satu makanan khas yang dikembangkan di Kota Batu. UD. Agronas Gizi Food merupakan salah satu perusahaan yang berada di bidang agribisnis terutama dalam pengolahan hasil pertanian yaitu mengolah kentang menjadi produk keripik kentang. Banyaknya agroindustri di Kota Batu yang mengolah kentang menjadi keripik kentang menjadikan UD. Agronas Gizi Food harus bersaing dengan perusahaan sejenis. Namun produk dan pelayanan yang berkualitas tidak akan terserap secara maksimal oleh pasar jika tidak didukung strategi promosi yang efektif. Pasar harus memberikan informasi seluas-luasnya tentang karateristik prdouk yang dijual , sehingga mampu menarik pembeli sebanyak mungkin. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji sejauh mana pengaruh bauran promosi yang dilakukan Agronas Gizi Food terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian keripik kentang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara simultan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food, (2) menganalisis pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food, (3) menganalisis bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang paling dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hasil penelitain yaitu ; (1) terdapat pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara simultan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F regresi linier berganda antara variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat yang menunjukkan nilai F-hitung sebesar 29,556, dimana F-tabel diketahui sebesar 2,810, sehingga F-hitung > F-tabel. (2) terdapat pengaruh bauran promosi yang terdiri dari variabel iklan, penjualan pribadi, dan promosi penjualan secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. untuk variabel Iklan (X1) sebesar 0,017; Penjualan Perorangan (X2) sebesar 0,028; Promosi Penjualan (X3) sebesar 0,042; sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2 dan X3 memiliki nilai Sig. < 0,05 atau Ha diterima. Sedangkan variabel hubungan masyarakat tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk keripik kentang di UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. sebesar 0,072 > 0,05 atau Ha ditolak. Variabel penjualan perorangan memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk keripik kentang pada UD. Agronas Gizi Food. Hal ini dibuktikan dari nilai Koefisien Beta untuk variabel Iklan (X1) sebesar 0,234; Penjualan Perorangan (X2) sebesar 0,303; dan Promosi Penjualan (X3) sebesar 0,249. Dengan demikian di antara variabel-variabel tersebut yang memiliki nilai tertinggi adalah variabel penjualan perorangan. Saran yang dapat diberikan penulis terkait hasil penelitian yaitu perusahaan agar selalu mengedepankan kualitas produk olahan agroindustri agar memiliki nilai tambah dan keunggulan kompetitif. Disamping itu, perusahaan harus membuat perencanaan strategi promosi yang efektif dengan membuat kombinasi terbaik dari bauran promosi. Sesuai hasil penelitian ini, maka pelaku usaha disarankan untuk memprioritaskan strategi penjualan perorangan (personal selling), karena telah terbukti mampu memberikan pengaruh dominan bagi keputusan pembelian. Hal itu dapat diimplementasikan melalui pelayanan penjualan yang prima, ramah, cepat, dan selalu mengedepankan kepuasan pelanggan.