Pengaruh Kualitas Produk Pancake Durian (Durio Zibethinus) Terhadap Loyalitas Konsumen

Main Author: Irawan, Fauzi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130431/
Daftar Isi:
  • Perubahan Lingkungan dan perilaku konsumen senantiasa terjadi secara terus menerus dalam perkembangan dunia usaha, yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku manusia. Hal ini menunjukkan pasar yang semula masih menunjukkan ciri-ciri kekurangan dan lebih banyak dikuasai industri atau penjual telah berubah menjadi pasar pembeli. Kondisi ini akan menjadikan yang benar-benar berkualitas yang dapat diterima pasar dan mampu bersaing terhadap produk sejenis. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing, akan menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas yang akan tetap bertahan dan laku di pasaran. Kualitas produk biasanya berkaitan dengan kendala, ketahanan, kemudahan pemeliharaan dan kinerja tertentu. Dari kualitas itulah konsumen akan yakin bahwa produk yang mereka konsumsi akan memberikan dampak yang positif. Berdasarkan kondisi diatas, maka Hypermart Matos Malang menghasilkan produk pancake durian yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kualitas produk pancake durian di Hypermart Matos Malang, 2) Menganalisis variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi), dan durability (daya tahan) yang berpengaruh secara parsial dan simultan serta signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam pembelian produk pancake durian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui kualitas pancake durian yang diinginkan konsumen dan untuk melakukan uji validiatas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kualitas pancake durian yang dinginkan pada variabel performance ) yaitu konsumen menginginkan pancake durian yang memiliki rasa manis, jumlah isian pancake yang banyak dan struktur pancake durian yang empuk. Pada variabel features ) konsumen menginginkan pancake durian yang sangat bersih, sangat segar dan warna kulit pancake durian yang sangat cerah. Untuk variabel conformance ) konsumen menginginkan pancake durian yang bagus, matang, dan memiliki bentuk yang besar. Dalam variabel durability ( ) konsumen membutuhkan yang tidak mudah busuk, sangat tahan terhadap suhu dan cuaca, dan memiliki kulit buah tidak mudah berubah warna. Dari hasil regresi berganda diperoleh hasil bahwa variabel kualitas produk (performance, features, conformance, durability) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel indenpenden yang paling dominan mempengaruhi nilai variabel dependen adalah variabel durability ( ) dengan nilai koefisen beta tertinggi yaitu 0,461. Hal ini menunjukkan bahwa daya tahan produk pancake durian paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen di Hypermart Matos Malang. Saran yang dapat diajukan sebagai pelengkap terhadap hasil penelitian yaitu Hypermart Matos Malang diharapkan mampu menerapkan strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas kosumen seperti melakukan riset berkelanjutan dari segala aspek yang mempengaruhinya dan variabel-variabel lain yang mampu mempengaruhi loyalitas konsumen di Hypermart Matos Malang.