Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pemasok & Distributor) Pada Agroindustri Keripik Kentang (Studi Kasus Di Cv. Agronas, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Main Author: Prakosa, YanaAdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/130239/1/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/130239/1/BAB_VI.pdf
http://repository.ub.ac.id/130239/2/BAB_III_.pdf
http://repository.ub.ac.id/130239/3/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/130239/3/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/130239/
Daftar Isi:
  • Pembangunan Sektor Pertanian Sebagai Bagian Integral Dari Pembangunan Nasional Semakin Penting Dan Strategis. Pembangunan Pertanian Telah Memberikan Sumbangan Besar Dalam Pembangunan Nasional, Baik Sumbangan Langsung Dalam Pembentukan Pdb, Penyerapan Tenaga Kerja, Peningkatan Pendapatan Masyarakat, Menyediakan Sumber Pangan Dan Bahan Baku Industri, Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Di Perdesaan, Perolehan Devisa, Maupun Sumbangan Tidak Langsung Melalui Penciptaan Kondisi Yang Kondusif Bagi Pelaksanaan Pembangunan Dan Hubungan Sinergis Dengan Sektor Lain. Salah Satu Sektor Yang Memegang Peranan Penting Dalam Pembangunan Di Indonesia Adalah Sektor Pertanian. Hal Ini Dikarenakan Sektor Pertanian Berperan Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Devisa Negara. Adanya Peluang Tersebut, Maka Sektor Pertanian Perlu Dikembangkan Secara Berkelanjutan Melalui Agroindustri. Sebagai Salah Satu Anggota Rantai Pasok Keripik Kentang, Cv. Agronas Harus Menjalin Hubungan Kerjasama Yang Baik Dengan Rekan Bisnisnya. Dari Bagian Hulu (Upstream) Dalam Menyediakan Bahan Baku Hingga Pada Bagian Hilir (Downstream) Dalam Proses Distribusi Dan Pemasaran Produk. Kerjasama Yang Di Maksud Disini Bukan Hanya Sebatas Hubungan Transaksi Biasa Saja Tetapi Lebih Kepada Hubungan Relasi Yang Bersifat Jangka Panjang. Oleh Karena Itu, Perlu Bagi Cv. Agronas Untuk Mengetahui Kualitas Relationship Marketing Dengan Masing-Masing Pelanggan (Distributor) Dan Pemasoknya. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah (1) Menganalisis Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Antara Produsen Keripik Kentang Dengan Pemasok Dan Pelanggan Keripik Kentang. (2) Menganalisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pemasok, Distributor). Penentuan Lokasi Ini Dilakukan Secara Purposive Dengan Pertimbangan Bahwa Di Desa Sidomulyo Ini Merupakan Sentra Produksi Keripik Kentang Dan Salah Satu Produsen Keripik Kentang Di Batu Yang Memiliki Mitra Bisnis Metode Analisis Data Digunakan Untuk Menjawab Tujuan Dari Penelitian. Metode Analisis Data Yang Di Gunakan Adalah Analisis Deskriptif Kualitatif Dan Analisis Kuantitatif Dengan Menggunakan Beberapa Variabel Didalamnya. Untuk Analisis Deskriptif Kualitatif Menggunakan 4 Variabel, Yaitu : Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan. Sedangkan Untuk Analisis Kuantitatif Menggunakan 4 Variabel Bebas Yaitu Keuntungan Bersama, Komitmen, Kebenaran, Komunikasi Dan 1 Variabel Terikat Yaitu Loyalitas Pelanggan. Dari Analisis Relationship Marketing Antara Cv. Agronas Dengan Petani Kentang Dan Pelanggannya Berdasarkan 4 Variabel (Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Dan Ketergantungan), Diperoleh Hasil Sebagai Berikut: (A)Pada Jenis Hubungan Pemasaran Cv. Agronas Terhadap Petani Kentang Diperoleh Kategori Tinggi Pada Variabel Kepercayaan, Komitmen Dan Kepuasan, Sedangkan Untuk Variabel Ketergantungan Berada Pada Kategori Sedang. (B) Pada Jenis Hubungan Pemasaran Cv. Agronas Terhadap Pelanggan Diperoleh Kategori Tinggi Pada Variabel Kepercayaan Dan Komitmen, Sedangkan Kategori Sedang Pada Variabel Kepuasan Dan Ketergantungan. Tingkat Keterikatan Relationship Marketing Pada Jenis Hubungan Pemasaran Cv. Agronas Terhadap Petani Kentang Pada Level Kolaboratif. Berdasarkan Hasil Penelitian Ditemukan Bahwa Variabel-Variabel Relationship Marketing Yang Terdiri Dari Variabel Keuntungan Bersama, Komitmen, Kebenaran, Dan Komunikasi Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Secara Bersama-Sama (Simultan) Terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Hasil Uji F Bahwa F Hitung > F Tabel Dengan F Tabel Sebesar 3,59 Maka F Hitung Lebih Besar Dengan Nilai 19,836 Dengan Kepercayaan 100 Persen. Dari Hasil Penelitian Yang Telah Dibahas Oleh Penulis Menyarankan Untuk Cv. Agronas Diharapkan Agar Meningkatkan Pelayanan Terutama Dari Segi Produksi Keripik Kentang, Baik Dari Kualitas Maupun Kuantitas. Untuk Pelaku Usaha Yang Terlibat Pemasaran Produk Lokal Keripik Kentang, Sebaiknya Memperhatikan Kesepakatan Kerjasama Untuk Menjaga Adanya Relationship Marketing.