Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Bunga Potong Kris (Chrysanthemum) (Studi Kasus Pada Pt.Wahana Kharisma Flora Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumia

Main Author: Farida, IvaNur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/128997/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/128997/
ctrlnum 128997
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/128997/</relation><title>Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)&#xD; Terhadap Volume Penjualan Bunga Potong Kris (Chrysanthemum)&#xD; (Studi Kasus Pada Pt.Wahana Kharisma Flora Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumia</title><creator>Farida, IvaNur</creator><subject>630 Agriculture and related technologies</subject><description>Berhubungan dengan kegiatan produksi bunga potong krisan kemudian dilanjutkan kegiatan memasarkan atau biasa disebut kegiatan pemasaran yang dilakukan PT. Wahana Kharisma Flora, terdapat permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu persaingan ketat dengan perusahaan sejenis, sifat bunga krisan yang mudah rusak sehingga memerlukan saluran distribusi yang tepat untuk tetap menjaga kualitas bunga terutama mahkota, cuaca, kurangnya SDM pada divisi krisan, Pemanenan tidak sesuai prediksi sehingga mempengaruhi kegiatan pemasaran. Dalam persaingan bisnis dapat ditinjau dari penerapan strategi bauran pemasaran dan seberapa penting peranan strategi bauran pemasaran mempengaruhi volume penjualan. Keberhasilan PT.wahana Kharisma Flora dalam persaingan agribisnis bunga potong khususnya bunga krisan tidak lepas dari kerjasama antar direksi, staff, karyawan, dan petani. Selanjutnya dapat meminimalisir permasalahan dan memaksimalkan peluang yang ada. Adapun kegiatan penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan bunga potong krisan di PT.Wahana Kharisma Flora. (2) Merumuskan Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang tepat pada bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Diduga bahwa strategi bauran pemasaran dengan variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi, dan biaya distribusi dapat mempengaruhi volume penjualan bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora (2) Diduga bahwa Merumuskan Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang tepat pada bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja terhadap , pada PT.Wahana Kharisma Flora di Dusun Tulungrejo, Desa Tulungrejo Junggo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan yang terbesar ketiga di Indonesia Timur. Perusahaan ini melakukan budidaya dan pemasarannya sendiri. Kantor pemasaran terletak di Jalan Muria No.9 Kota Malang. Dalam menentukan responden penelitian ini menggunakan metode secara sengaja hanya PT.Wahana Kharisma Flora untuk mengetahui strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan dan dapat meningkatkan pendapatan dilihat dari sisi produsen. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diintepretasikan dari hasil regresi, strategi biaya distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan bunga apotong krisan di PT.Wahana Kharisma Flora. Sedangkan strategi ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Secara parsial jika biaya distribusi dinaikkan 1 ikat dengan harga Rp.12.000,- maka volume penjualan akan meningkat 1 ikat dengan harga tersebut. Biaya distribusi sangat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan bunga potong krisan karena tanpa ada kegiatan distribusi maka tidak akan terca ainya tujuan perusahaan. Berdasarkan matrik IE, analisis matrik grand strategy, analisis SWOT dapat diperoleh beberapa alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan yaitu: (1) Produk yang dihasilkan bervariatif dengan produksi yang terus menerus dan bermitra dengan petani untuk menjaga ketersediaan produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen, (2) Memenuhi kebutuhan konsumen dengan perluasan daerah pemasaran yang sesuai daya beli konsumen daerah tersebut dan menggunakan transportasi yang tersedia sehingga pengiriman barang tepat waktu, (3) Meningkatkan daya saing produk dengan memanfaatkan permodalan yang dimiliki dan menjual produk pada outlet yang berbasis one stop shopping masih jarang dimiliki perusahaan lain.</description><date>2012-08-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/128997/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Farida, IvaNur (2012) Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Bunga Potong Kris (Chrysanthemum) (Studi Kasus Pada Pt.Wahana Kharisma Flora Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FP/2012/203/051203924</relation><recordID>128997</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Farida, IvaNur
title Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Bunga Potong Kris (Chrysanthemum) (Studi Kasus Pada Pt.Wahana Kharisma Flora Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumia
publishDate 2012
topic 630 Agriculture and related technologies
url http://repository.ub.ac.id/128997/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/128997/
contents Berhubungan dengan kegiatan produksi bunga potong krisan kemudian dilanjutkan kegiatan memasarkan atau biasa disebut kegiatan pemasaran yang dilakukan PT. Wahana Kharisma Flora, terdapat permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu persaingan ketat dengan perusahaan sejenis, sifat bunga krisan yang mudah rusak sehingga memerlukan saluran distribusi yang tepat untuk tetap menjaga kualitas bunga terutama mahkota, cuaca, kurangnya SDM pada divisi krisan, Pemanenan tidak sesuai prediksi sehingga mempengaruhi kegiatan pemasaran. Dalam persaingan bisnis dapat ditinjau dari penerapan strategi bauran pemasaran dan seberapa penting peranan strategi bauran pemasaran mempengaruhi volume penjualan. Keberhasilan PT.wahana Kharisma Flora dalam persaingan agribisnis bunga potong khususnya bunga krisan tidak lepas dari kerjasama antar direksi, staff, karyawan, dan petani. Selanjutnya dapat meminimalisir permasalahan dan memaksimalkan peluang yang ada. Adapun kegiatan penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan bunga potong krisan di PT.Wahana Kharisma Flora. (2) Merumuskan Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang tepat pada bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Diduga bahwa strategi bauran pemasaran dengan variabel ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi, dan biaya distribusi dapat mempengaruhi volume penjualan bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora (2) Diduga bahwa Merumuskan Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang tepat pada bunga potong krisan di PT. Wahana Kharisma Flora. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja terhadap , pada PT.Wahana Kharisma Flora di Dusun Tulungrejo, Desa Tulungrejo Junggo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan yang terbesar ketiga di Indonesia Timur. Perusahaan ini melakukan budidaya dan pemasarannya sendiri. Kantor pemasaran terletak di Jalan Muria No.9 Kota Malang. Dalam menentukan responden penelitian ini menggunakan metode secara sengaja hanya PT.Wahana Kharisma Flora untuk mengetahui strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan dan dapat meningkatkan pendapatan dilihat dari sisi produsen. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diintepretasikan dari hasil regresi, strategi biaya distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan bunga apotong krisan di PT.Wahana Kharisma Flora. Sedangkan strategi ketersediaan produk, tingkat harga, biaya promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Secara parsial jika biaya distribusi dinaikkan 1 ikat dengan harga Rp.12.000,- maka volume penjualan akan meningkat 1 ikat dengan harga tersebut. Biaya distribusi sangat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan bunga potong krisan karena tanpa ada kegiatan distribusi maka tidak akan terca ainya tujuan perusahaan. Berdasarkan matrik IE, analisis matrik grand strategy, analisis SWOT dapat diperoleh beberapa alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan yaitu: (1) Produk yang dihasilkan bervariatif dengan produksi yang terus menerus dan bermitra dengan petani untuk menjaga ketersediaan produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen, (2) Memenuhi kebutuhan konsumen dengan perluasan daerah pemasaran yang sesuai daya beli konsumen daerah tersebut dan menggunakan transportasi yang tersedia sehingga pengiriman barang tepat waktu, (3) Meningkatkan daya saing produk dengan memanfaatkan permodalan yang dimiliki dan menjual produk pada outlet yang berbasis one stop shopping masih jarang dimiliki perusahaan lain.
id IOS4666.128997
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-25T02:02:53Z
last_indexed 2021-10-28T07:18:30Z
recordtype dc
_version_ 1751455091460669440
score 17.538404