Hubungan Variasi Menu Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang

Main Author: Hartiwi, DwiyantiCaesarria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126262/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan yang diperoleh suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Bentuk pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah pelayanan gizi. Variasi menu merupakan faktor internal yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis secara univariat dan bivariat. Dengan besar sampel 90 responden dan variasi menu yang diteliti meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack. Sedangkan untuk penilaian kepuasan menggunakan skala likert dengan 5 skala yaitu sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas, sangat tidak puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan menu makanan yang diterima meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack sudah bervariasi. Kepuasan pasien terhadap variasi menu termasuk dalam kategori “puas”. Berdasarkan uji korelasi Spearman terdapat hubungan antara variasi menu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang (makanan pokok p = 0,002, lauk pauk p = 0,000, sayuran p = 0,000, dan kudapan p = 0,001). Harapannya hasil penelitian ini pihak rumah sakit mampu menjadikan bahan tinjauan di bidang gizi khususnya tentang hubungan variasi menu terhadap mutu pelayanan kesehatan.