Hubungan Variasi Menu Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang

Main Author: Hartiwi, DwiyantiCaesarria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126262/
ctrlnum 126262
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/126262/</relation><title>Hubungan Variasi Menu Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang</title><creator>Hartiwi, DwiyantiCaesarria</creator><subject>613.2 Dietetics</subject><description> Keberhasilan yang diperoleh suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Bentuk pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah pelayanan gizi. Variasi menu merupakan faktor internal yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis secara univariat dan bivariat. Dengan besar sampel 90 responden dan variasi menu yang diteliti meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack. Sedangkan untuk penilaian kepuasan menggunakan skala likert dengan 5 skala yaitu sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas, sangat tidak puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan menu makanan yang diterima meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack sudah bervariasi. Kepuasan pasien terhadap variasi menu termasuk dalam kategori &#x201C;puas&#x201D;. Berdasarkan uji korelasi Spearman terdapat hubungan antara variasi menu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang (makanan pokok p = 0,002, lauk pauk p = 0,000, sayuran p = 0,000, dan kudapan p = 0,001). Harapannya hasil penelitian ini pihak rumah sakit mampu menjadikan bahan tinjauan di bidang gizi khususnya tentang hubungan variasi menu terhadap mutu pelayanan kesehatan.&#xD; </description><date>2016-07-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Hartiwi, DwiyantiCaesarria (2016) Hubungan Variasi Menu Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2016/556/ 051607895</relation><recordID>126262</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Hartiwi, DwiyantiCaesarria
title Hubungan Variasi Menu Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang
publishDate 2016
topic 613.2 Dietetics
url http://repository.ub.ac.id/126262/
contents Keberhasilan yang diperoleh suatu layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanannya sangat berhubungan dengan kepuasan pasien. Bentuk pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah pelayanan gizi. Variasi menu merupakan faktor internal yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis secara univariat dan bivariat. Dengan besar sampel 90 responden dan variasi menu yang diteliti meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack. Sedangkan untuk penilaian kepuasan menggunakan skala likert dengan 5 skala yaitu sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas, sangat tidak puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan menu makanan yang diterima meliputi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan snack sudah bervariasi. Kepuasan pasien terhadap variasi menu termasuk dalam kategori “puas”. Berdasarkan uji korelasi Spearman terdapat hubungan antara variasi menu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Lawang (makanan pokok p = 0,002, lauk pauk p = 0,000, sayuran p = 0,000, dan kudapan p = 0,001). Harapannya hasil penelitian ini pihak rumah sakit mampu menjadikan bahan tinjauan di bidang gizi khususnya tentang hubungan variasi menu terhadap mutu pelayanan kesehatan.
id IOS4666.126262
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-22T05:55:14Z
last_indexed 2021-10-28T07:16:00Z
recordtype dc
_version_ 1751455108004052992
score 17.538404