Peran Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediator Pada Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota Malang
Main Author: | Abdiansyah, Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121907/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran celebrity endorser terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel mediator sepeda motor merek Yamaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda motor merek Yamaha di Kota Malang. Penentuan jumlah sampel dengan populasi yang tidak diketahui dapat dilakukan menggunakan software G*Power 3.9.1.2 (2013) dengan menggunakan effect sizesmall (0,15) didapatkan jumlah sampel sebanyak 119 responden. Instrumen penelitian menggunakan skala celebrity endorser, skala brand image, dan skala keputusan pembelian yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan penelitian terdahulu. Alat ukur akan diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian data yang didapat dianalisis menggunakan teknik mediasi sederhana Hayes (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dapat memediasi peran antara celebrity endorser dan keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha, walaupun perannya tidak sebesar peran celebrity endorser terhadap keputusan pembelian tanpa adanya brand image sebagai variabel mediator.