Hubungan Antara Tingkat Brand Experience Terhadap Tingkat Brand Loyalty Pada Pengguna Merek Apple (Studi Pada Pengguna Iphone 6 Di Infinite Store Surabaya)

Main Author: Junior, SeptianMaulid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121485/1/SKRIPSI_1.pdf
http://repository.ub.ac.id/121485/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kekuatan hubungan antara brand experience pada pengguna produk iPhone 6 dengan brand loyalty pada produk merek Apple. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian survei eksplanatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 96 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dan teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis hubungan antar variabel menggunakan teknik uji koefisien relasi dari Pearson. Responden yang dipilih dalam penelitian ini merupakan responden yang sedang menggunakan produk iPhone 6 dan sudah pernah menggunakan produk iPhone seri terdahulu merek Apple sebelumnya. Perhitungan teknik koefisien relasi menggunakan rumus Pearson pada penelitian ini sebesar 0,610. Berdasarkan hasil koefisian relasi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara tingkat brand experience pada pengguna iPhone 6 dengan tingkat brand loyalty pada produk merek Apple. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman merasakan sebuah produk dari brand tertentu cukup untuk memberi pengaruh pada pengguna untuk menjadi loyal terhadap merek tersebut. Sebagian besar dari responden mengakui bahwa dengan pernah merasakan menggunakan produk dengan merek tertentu, mereka dapat melakukan penilaian dan menentukan tingkat kepuasan mereka terhadap suatu produk merek tersebut. Hal ini seperti yang diungkapkan Kotler & Keller (2009, h.140) bahwa salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan. Sedangkan sebagian kecil lainnya, responden memutuskan untuk menggunakan produk iPhone 6, menyatakan melakukan hal tersebut dengan motivasi untuk mengikuti perkembangan trend dan teknologi semata.