Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Faktor-Faktor Pembentuk Brand Image (Studi kuantitatif pada Konsumen Produk Ultra Ripped di Twitter), 2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari electronic word of mouth terhadap faktor-faktor pembentuk brand image produk Ultra Ripped di Twitter. eWOM merupakan suatu kegiatan mengeluarkan statement atau pendapat di Internet baik pendapat positif maupun pendapat negatif yang dibuat oleh konsumen terhadap suatu produk atau suatu perusahaan di Internet. Electronic Word Of Mouth sebagai variabel independent dengan dimensinya yaitu Concern For Others, Express Positive Feeling, Helping The Company, Advice Seeking, dan Platform Assitance. Sedangkan brand image sebagai variabel dependent mempunyai faktor-faktor yang membentuk citra merek, yaitu kualitas, dapat dipercaya atau diandalkan, kegunaan atau manfaat. pelayanan, resiko, harga, dan citra dari merek itu sendiri, Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan Instrumen penelitian menggunakan skala Likert, terhadap populasi yang merupakan followers dari Denny Santoso . Pengambilan sampel dilakukan terhadap 100 orang dengan mengaplikasikan teknik simple random sampling. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Peneliti menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap brand image dengan nilai Koefisien Determinasi (R2), yaitu 0,251 atau 25,1%. sedangkan 74,9% sisanya merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diamati. Peneliti menilai faktor lain yang mempengaruhi brand image dari produk Ultra Ripped adalah berbagai strategi pemasaran lainnya, baik melalui media online dan cetak, maupun melalui event yang sering diadakan oleh PT. Jaya Sportindo sebagai distributor produk Ultra Ripped.