Strategi Pembenahan Public Service Communication Terkait Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Prima Dan Kualitas Pelayanan Di Kantor Pertanahan Kota Malang
Main Author: | Juliansyah, Boby |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/120685/1/boby_juliansyah__0610020012_.pdf http://repository.ub.ac.id/120685/ |
Daftar Isi:
- Kantor Pertanahan Kota Malang merupakan kantor pelayanan publik yang melakukan strategi pembenahan Public Service communications untuk mendapatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan prima dan kualitas pelayanan. Arti dan fungsi tanah bagi warga Indonesia tidak hanya menyangkut ekonomi semata tapi juga menyangkut aspek sosial dan politik serta aspek pertahanan keamanan. Kantor Pertanahan merupakan salah satu institusi publik dan juga merupakan institusi resmi pemerintah yang berwenang mengatur dan mengeluarkan sertifikat tanah dalam melakasanakan tugas nya sehari-hari oleh karena itu Kantor Pertanahan tidak luput dari perhatian publik berkaitan dengan pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat yang mengunakan jasanya. Public service communication diperlukan untuk membenahi pelayanan terhadap masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendalami, dan menganalisis strategi apa saja yang dilakukan Kantor Pertanahan Kota Malang untuk memperbaiki pelayanan kepada publik, terutama mengenai public service communication terutama kepuasan masyarakat, selain itu untuk mengidentifikasi pembenahan public service communication terkait kepuasan masyarakat terhadap pelayanan prima dan kualitas pelayanan yang terjadi pada Kantor Pertanahan Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya diperoleh melalui interview, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa Kantor Pertanahan Kota Malang sudah melakukan strategi pembenahan public service communication dengan baik sehingga Kantor Pertanahan Kota Malang dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat dalam pelayanan. Strategi tersebut adalah melakukan service excellent dari segi kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab dan didukung oleh kualitas pelayanan yang baik seperti keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung.