Analisis Pengaruh Marketing Public Relations (MPR) Terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Tulungagung
Main Author: | LailatulIsrofiqh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119958/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan antara variable marketing public relations, yang terdiri dari publikasi (X1), events (X2), berita (X3), kegiatan social (X4), media identitas (X5) secara simultan dan parsial terhadap loyalitas nasabah (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) kantor cabang Tulungagung pada bulan April 2010 dan berdasarkan data terakhir adalah sebanyak 28.310 nasabah. Berdasarkan pendapat Husein Umar (2003:146) maka penentuan jumlah sampel adalah sebesar 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, uji instrument, uji asumsi klasik, rentang skala, uji regresi linier berganda, uji F (simultan) dan uji t (parsial). Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai teknik analisis. Dari hasil analisis uji F (simultan ) terbukti bahwa variabel marketing public relations, yang terdiri dari publikasi (X1), events (X2), berita (X3), kegiatan social (X4), media identitas (X5) secara simultan dan parsial terhadap loyalitas nasabah (Y). Didapat F hitung adalah 6,223 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena F hitung > F tabel (6,223>2,29). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,209 atau 20,9%. Dari hasil analisis uji t (parsial), terbukti bahwa pengujian terhadap Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat dijelaskan karena besarny t hitung > dari t tabel pada taraf nyata ? = 0,05 dengan df (9 0,05 df.94), berarti bahwa variable marketing public relations yakni publikasi (X1), events (X2), berita (X3), kegiatan social (X4) dan media identitas (X5) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah (Y). Dari hasil analisis regresi linier berganda antara variabel bebas (X), dalam penelitian ini diperoleh bahwa variabel marketing public relations yakni publikasi (X1), events (X2), berita (X3), kegiatan social (X4) dan media identitas (X5) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel loyalitas nasabah (Y) adalah variabel publikasi (X1) dan variabel media identitas (X5) dengan nilai b (unstandardized coefficient b) terbesar yaitu X1= 0,126 dan X5=0,87. Jadi variable publikasi (X1) dan media identitas (X5) dinilai paling efektif dalam membentuk loyalitas nasabah (Y).