Pengaruh Program Loyalitas ‘Telepon Rumah Rejeki Tumpah’ terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang

Main Author: LupiChandrasetya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119934/
Daftar Isi:
  • Perusahaan dapat memberikan penawaran produk ataupun layanan yang secara khusus didesain berbeda untuk setiap pelanggan melalui berbagai aktivitas komunikasi pemasaran yang terintegrasi salah satunya yaitu melalui promosi penjualan. Untuk itu, perusahaan dapat mendesain penawaran produknya melalui salah satu alat promosi penjualan yaitu program loyalitas. Program loyalitas adalah program promosi penjualan yang dirancang untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan, kuncinya untuk menciptakan pembelian yang terus menerus dari sebuah produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh program loyalitas ‘Telepon Rumah Rejeki Tumpah’ terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga variabel yaitu: program loyalitas (X), kepuasan pelanggan (Z), dan loyalitas pelanggan (Y). Sampel penelitian ini adalah sebanyak 270 pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling . Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui tanya jawab dan kuesioner. Dari hasil penelitian, semua data ternyata valid dan reliabel sehingga dapat dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diperoleh hasil penelitian bahwa F hitung = 166,410 dengan menggunakan Sig F = 0,000, F tabel = 3,876 sehingga F hitung > F tabel maka tolak H 0 dan terima H i dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel program loyalitas (X) mempengaruhi kepuasan pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang (Y); F hitung = 217,614 dengan menggunakan Sig F = 0,000, F tabel = 3,876 sehingga F hitung > F tabel maka tolak H 0 dan terima H i dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel kepuasan pelanggan (Z) mempengaruhi loyalitas pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang (Y); dan F hitung = 138,839 dengan menggunakan Sig F = 0,000, F tabel = 3,876 sehingga F hitung > F tabel maka tolak H 0 dan terima H i dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel program loyalitas (X) mempengaruhi loyalitas pelanggan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Malang (Y). Program loyalitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Untuk menghasilkan pelanggan yang loyal diharapkan dapat memberikan nilai yang tinggi pada program loyalitas. Karena program loyalitas dapat memotivasi konsumen dan anggota saluran distribusi untuk membeli barang atau jasa dengan segera selain itu juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada gilirannya menumbuhkan kesetiaan mereka.