Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Eksplanatif Tentang Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelangg

Main Author: Sukiswanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119766/1/050801219.pdf
http://repository.ub.ac.id/119766/
Daftar Isi:
  • Keunggulan usaha waralaba diantaranya, sistem pengelolaan yang sudah mapan, produk yang relatif sudah dikenal, dukungan strategi dan program pemasaran dari pewaralaba. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, ditambah dengan strategi pemasaran yang baik maka waralaba akan menjadi usaha yang menguntungkan, survive, dan bahkan terus berkembang. Berbagai keunggulan yang dimiliki waralaba, membuatnya berpotensi membantu perbaikan ekonomi negara ini. Hal ini bisa dilihat dari kesempatan kerja yang ditawarkan usaha waralaba, dan juga pajak yang mereka bayarkan ke pemerintah. Strategi pemasaran yang kurang baik perencanaannya dan juga pelaksanaanya akan membuat berbagai keunggulan yang dimiliki waralaba tidak berarti. Hal ini secara otomatis akan menimbulkan peluang untuk gulung tikar. Salah satu konsep strategi pemasaran yang masih relevan digunakan hingga saat ini adalah bauran pemasaran (marketing mix). Untuk menjauhi keadaan gulung tikar, tentunya seorang pengusaha waralaba harus mampu meramu keunggulan yang dimilikinya dengan strategi yang tepat. Dan tentu saja “ramuan” itu untuk pelanggan, agar pelanggan puas, loyal, sehingga waralaba pun survive. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan, menjelaskan pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun simultan, dan menjelaskan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu : penelitian penjelasan yang menguji hipotesis pengaruh variabel-variabel dalam bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan di Re Hot Burger gerai Malang dengan sampel sebanyak 80 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan panduan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi liner berganda dan regresi parsial. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh yang signifikan dari keempat variabel bauran pemasaran, dengan kepuasan pelanggan. Bisa dilihat dari Fhitung sebesar 8.784 dengan probabilitas sebesar 0.000, dan memberikan konstribusi sebesar 28.3%. dan pada variabel kepuasan ini yang paling berpengaruh adalah variabel promosi. Kemudian pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas juga signifikan, dilihat dari Fhitung sebesar 9.980 dengan probabilitas sebesar 0.002. Kontribusi yang diberikan bauran pemasaran terhadap loyalitas sebesar 31.3%. Bauran pemasaran menempatkan variabel promosi sebagai variabel paling signifikan pengaruhnya pada loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan dengan variabel loyalitas pelanggan pun memiliki pengaruh yang signifikan, dilihat dari Fhitung sebesar 43.122 dan probabilitas 0.000. Kontribusi yang diberikan kepuasan pelanggan dari hasil membangun bauran pemasaran sebesar 34.8% terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Bauran pemasaran juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Begitu pula kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu pihak Re Hot Burger gerai Malang hendaknya mengoptimalkan kemampuan variabel-variabel bauran pemasaran dalam meningkatkan kepuasan dan juga loyalitas pelanggan. Re Hot hendaknya melakukan perbaikan tempat agar pelanggan lebih nyaman dengan penyediaan tempat indoor, meninjau tata letak atau dekorasi tempat, memperbaiki taman, dan melaksanakan promosi dengan rutin dan baik, khususnya untuk iklan dan promosi penjualan, juga harus memperhatikan kelengkapan produk atau layanan produk. Apabila hal tersebut dapat dilakukan, maka kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan akan semakin baik.