Pengaruh Kelompok Acuan, Kebutuhan Mencari Variasi Dan Harga Terhadap Perpindahan Merk (Brand Switching) Telepon Seluler (Blackberry Ke Android)
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil judul tentang pengaruh Kelompok Acuan (Reference Group), Kebutuhan Mencari Variasi dan Harga terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel Kelompok Acuan (Reference Group), Kebutuhan Mencari Variasi dan Harga terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) baik secara parsial dan serentak serta untuk mengetahui variabel bebas yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Data dari hasil penelitian diolah dengan metode Analisis Regresi Berganda dengan Uji t, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelititan menunjukan nilai koefisien determinasi sebesar 0,500. Artinya bahwa 50 % variabel Perpindahan Merek (Brand Switching) akan dipengaruhi oleh variabel bebas nya, sedangkan sisanya 50 % variabel Perpindahan Merek (Brand Switching) akan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Saran diharapkan pihak perusahaan dapat mulai untuk mempertimbang kan variabel Kelompok Acuan, Kebutuhan Mencari Variasi dan Harga sebagai variabel yang harus lebih di utamakan agar para konsumen tetap loyal terhadap merek tersebut. Selain itu, diharapkan hasil penelitian menjadi pedoman bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini untuk mengembangkan variabel lain diluar variabel yang sudah dibahas.