Evaluasi Pelaksanaan Program Pengaduan Masyarakat Secara Online (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang)

Main Author: Malau, TettyFlora
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119517/1/TETTY_FLORA_MALAU_135030100111097.pdf
http://repository.ub.ac.id/119517/
Daftar Isi:
  • Dalam pelaksanaan pelayanan publik, masyarakat sebagai pengguna layanan publik memiliki hak untuk memberikan keluhan, kritik ataupun pengaduan tentang masalah-masalah pelayanan yang terjadi pada ruang lingkup pemerintahan. Pengaduan masyarakat merupakan suatu sumber informasi bagi penyedia layanan untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan dan digunakan sebagai bahan evaluasi pelayanan. Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pelayanan publik. Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pemerintahan disebut dengan istilah electronic government. Melihat perkembangan teknologi informasi (internet) yang merambah kedalam penyelenggaraan pelayanan publik, maka sistem pengaduan masyarakat juga bergeser menggunakan sistem informasi manajemen berbasis internet. Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang membuat suatu program yang dilatarbelakangi untuk mewujudkan e-government yaitu Program Pengaduan Masyarakat secara online. Penelitian yang berjudul Evaluasi Pelaksanaan Program Pengaduan Masyarakat secara Online (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online yang dikelolah oleh Dinas komunikasi dan Informatika Kota Malang dilihat dari enam kriteria evaluasi yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, ketepatan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan vii kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman & Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sebagai pelaksana belum memenuhi keenam kriteria evaluasi menurut Dunn (2003:610). Kriteria yang terpenuhi adalah kriteria kecukupan, pemerataan, dan ketepatan. Sedangkan kriteria efektivitas, efisiensi dan responsivitas pada pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online ini belum terpenuhi. Beberapa faktor pendukung pada pelaksanaannya adalah dasar hukum dan sarana prasarana yang lengkap sedangkan faktor penghambatnya adalah kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang dan masyarakat yang sepenuhnya belum memahami pelaksanaan program ini. Untuk meminimalisir hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online ini, maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara terstruktur dan rutin, memperhatikan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaksana program dan melakukan diskusi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat online.