Pengaruh Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Menjaga Loyalitas (Survei pada Pelanggan Kedai Kober Mie Setan di Jl. Soekarno Hatta Malang)

Main Author: Pamungkas, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119483/2/051706891-full_text..pdf
http://repository.ub.ac.id/119483/
Daftar Isi:
  • Seiring majunya perekonomian global, terdapat berbagai macam bisnis kuliner yang berkembang di masyarakat. Persaingan bisnis di kota Malang semakin ketat dengan banyaknya usaha kuliner yang berkembang, salah satu usaha kuliner yang sedang trend yaitu kuliner dengan rasa pedas. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) diharapkan menjadi strategi yang tepat dalam menghadapi ketatnya persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari Memanfaatkan Database Konsumen, Proses Pemasaran, Teknologi Mendukung Misi Perusahaan, Kepercayaan dan Komitmen secara simultan dan parsial terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua pelanggan di Kedai Kober Mie Setan dengan sampel sejumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Memanfaatkan Database Konsumen (X1), Proses Pemasaran (X2), Teknologi Mendukung Misi Perusahaan (X3), Kepercayaan (X4) dan Komitmen (X5) berpengaruh siginifikan secara simultan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Variabel Memanfaatkan Database Konsumen (X1) dan Proses Pemasaran (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Sedangkan variabel bebas lainnya berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,239 artinya kemampuan variabel Memanfaatkan Database Konsumen (X1), Proses Pemasaran (X2), Teknologi Mendukung Misi Perusahaan (X3), Kepercayaan (X4) dan Komitmen (X5) dalam mempengaruhi variabel Loyalitas Pelanggan (Y) sebesar 23,9% sedangkan sisanya sebesar 76,1% di pengaruhi variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.