Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empirik (1) pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis secara simultan terhadap keputusan pembelian produk mobil merek Daihatsu (2) pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis secara parsial terhadap keputusan pembelian produk mobil merek Daihatsu (3) di antara variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi dan variabel psikologis yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mobil merek Daihatsu. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden pada konsumen PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologis (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama - sama terhadap Keputusan pembelian hal ini dibuktikan dengan hasil nilai F hitung sebesar 35,258 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (2) Variabel budaya memiliki nilai probabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05 (0,0028 < 0,05), sedangkan variabel sosial memiliki nilai probabilitas (Sig.) (0,019 < 0,05), variabel pribadi memilik nilaii probabilitas (Sig.) (0,008 < 0,05) dan variabel psikologis memiliki nilai probabilitas (Sig.) (0,016 < 0,05). Berdasarkan pada hasil uji t test maka dapat disimpulkan bahwa variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (3) Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel pribadi mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel pribadi mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Dengan demikian, sebaiknya PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan secara pribadi, karena variabel pribadi mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Keputusan pembelian.