Kualitas Situs Web Sebagai Pusat Informasi Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Situs Web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung)
Main Author: | Septiawan, PrihandikaNaris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119228/1/SKRIPSI_PRIHANDIKA_105030507111003.pdf http://repository.ub.ac.id/119228/ |
Daftar Isi:
- Situs web Pemerintah daerah merupakan implementasi e-government sebagai pendukung kinerja pelayanan masyarakat selama 24 jam guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Banyak ditemukan situs web pemerintah daerah yang dibuat dan dirancang seadanya tanpa memperhatikan acuan yang dalam buku panduan sehingga situs web hanya sebatas proyek tanpa ada pengelolaan lebih lanjut. Situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungangung yang merupakan bagian dari pelayanan publik di bidang teknologi informasi berbasis internet perlu diteliti apakah fungsi dan peranannya memiliki kualitas sesuai dengan harapan para pengguna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sebagai pusat informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penggunaan situs web sebagai pusat informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung ditinjau dari sebelas parameter sudah cukup baik. Kecepatan situs website dengan ukuran file 522 KB dengan rata-rata kecepatan loading 3,1 detik dan menggunakan bandwith, ukuran file, hosting server dan alogaritma program yang sesuai. Homepage situs web memapaparkan informasi tentang indentitas Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. Isi dan konteks dalam website pemerintah Tulungagung sudah cukup lengkap, namun kurang update. Kemudahan dibaca terdiri dari target pengakses sudah cukup banyak, menggunakan huruf Helvetica Neue dan Georgia, pemilihan warna biru dan putih dengan background abu-abu. Ukuran kualitas interaksi belum efisien. Mobilitas data situs web, untuk data statis cukup baik namun untuk data dinamis situs web kurang baik. Dari segi ketepatan maka informasinya bisa dipercaya dan bebas dari penyalahgunaan. Layanan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat melalui situs web belum difungsikan secara maksimal. Hits pada situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sudah terdapat pada setiap postingan berita namun tidak ada hits yang menunjukkan jumlah pengunjung keseluruhan website. Pemilihan Platform situs web Pemerintah Kabupaten telah sesuai dengan standarisasi dalam pengembangan e-govermment melalui situs web Ditemukan dua faktor pendukung penggunaan website sebagai pusat informasi yaitu factor kepemimpinan serta sarana dan prasarana. Sedangkan factor penghambatnya adalah factor keterbatasan sumber daya manusia serta kurangnya koordinasi antar instansi sehingga informasi yang tersedia di situs web terkait dengan instansi-instansi yang ada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung masih terbatas.