Kualitas Situs Web Sebagai Pusat Informasi Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Situs Web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung)

Main Author: Septiawan, PrihandikaNaris
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119228/1/SKRIPSI_PRIHANDIKA_105030507111003.pdf
http://repository.ub.ac.id/119228/
ctrlnum 119228
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/119228/</relation><title>Kualitas Situs Web Sebagai Pusat Informasi Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Situs Web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung)</title><creator>Septiawan, PrihandikaNaris</creator><subject>351 Public administration</subject><description>Situs web Pemerintah daerah merupakan implementasi e-government sebagai pendukung kinerja pelayanan masyarakat selama 24 jam guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Banyak ditemukan situs web pemerintah daerah yang dibuat dan dirancang seadanya tanpa memperhatikan acuan yang dalam buku panduan sehingga situs web hanya sebatas proyek tanpa ada pengelolaan lebih lanjut. Situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungangung yang merupakan bagian dari pelayanan publik di bidang teknologi informasi berbasis internet perlu diteliti apakah fungsi dan peranannya memiliki kualitas sesuai dengan harapan para pengguna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sebagai pusat informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penggunaan situs web sebagai pusat informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung ditinjau dari sebelas parameter sudah cukup baik. Kecepatan situs website dengan ukuran file 522 KB dengan rata-rata kecepatan loading 3,1 detik dan menggunakan bandwith, ukuran file, hosting server dan alogaritma program yang sesuai. Homepage situs web memapaparkan informasi tentang indentitas Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. Isi dan konteks dalam website pemerintah Tulungagung sudah cukup lengkap, namun kurang update. Kemudahan dibaca terdiri dari target pengakses sudah cukup banyak, menggunakan huruf Helvetica Neue dan Georgia, pemilihan warna biru dan putih dengan background abu-abu. Ukuran kualitas interaksi belum efisien. Mobilitas data situs web, untuk data statis cukup baik namun untuk data dinamis situs web kurang baik. Dari segi ketepatan maka informasinya bisa dipercaya dan bebas dari penyalahgunaan. Layanan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat melalui situs web belum difungsikan secara maksimal. Hits pada situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sudah terdapat pada setiap postingan berita namun tidak ada hits yang menunjukkan jumlah pengunjung keseluruhan website. Pemilihan Platform situs web Pemerintah Kabupaten telah sesuai dengan standarisasi dalam pengembangan e-govermment melalui situs web Ditemukan dua faktor pendukung penggunaan website sebagai pusat informasi yaitu factor kepemimpinan serta sarana dan prasarana. Sedangkan factor penghambatnya adalah factor keterbatasan sumber daya manusia serta kurangnya koordinasi antar instansi sehingga informasi yang tersedia di situs web terkait dengan instansi-instansi yang ada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung masih terbatas.</description><date>2016-01-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/119228/1/SKRIPSI_PRIHANDIKA_105030507111003.pdf</identifier><identifier> Septiawan, PrihandikaNaris (2016) Kualitas Situs Web Sebagai Pusat Informasi Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Situs Web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2016/86/051602586</relation><recordID>119228</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Septiawan, PrihandikaNaris
title Kualitas Situs Web Sebagai Pusat Informasi Pemerintah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Situs Web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung)
publishDate 2016
isbn 1050305071110
topic 351 Public administration
url http://repository.ub.ac.id/119228/1/SKRIPSI_PRIHANDIKA_105030507111003.pdf
http://repository.ub.ac.id/119228/
contents Situs web Pemerintah daerah merupakan implementasi e-government sebagai pendukung kinerja pelayanan masyarakat selama 24 jam guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Banyak ditemukan situs web pemerintah daerah yang dibuat dan dirancang seadanya tanpa memperhatikan acuan yang dalam buku panduan sehingga situs web hanya sebatas proyek tanpa ada pengelolaan lebih lanjut. Situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungangung yang merupakan bagian dari pelayanan publik di bidang teknologi informasi berbasis internet perlu diteliti apakah fungsi dan peranannya memiliki kualitas sesuai dengan harapan para pengguna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sebagai pusat informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penggunaan situs web sebagai pusat informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung ditinjau dari sebelas parameter sudah cukup baik. Kecepatan situs website dengan ukuran file 522 KB dengan rata-rata kecepatan loading 3,1 detik dan menggunakan bandwith, ukuran file, hosting server dan alogaritma program yang sesuai. Homepage situs web memapaparkan informasi tentang indentitas Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung. Isi dan konteks dalam website pemerintah Tulungagung sudah cukup lengkap, namun kurang update. Kemudahan dibaca terdiri dari target pengakses sudah cukup banyak, menggunakan huruf Helvetica Neue dan Georgia, pemilihan warna biru dan putih dengan background abu-abu. Ukuran kualitas interaksi belum efisien. Mobilitas data situs web, untuk data statis cukup baik namun untuk data dinamis situs web kurang baik. Dari segi ketepatan maka informasinya bisa dipercaya dan bebas dari penyalahgunaan. Layanan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat melalui situs web belum difungsikan secara maksimal. Hits pada situs web Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung sudah terdapat pada setiap postingan berita namun tidak ada hits yang menunjukkan jumlah pengunjung keseluruhan website. Pemilihan Platform situs web Pemerintah Kabupaten telah sesuai dengan standarisasi dalam pengembangan e-govermment melalui situs web Ditemukan dua faktor pendukung penggunaan website sebagai pusat informasi yaitu factor kepemimpinan serta sarana dan prasarana. Sedangkan factor penghambatnya adalah factor keterbatasan sumber daya manusia serta kurangnya koordinasi antar instansi sehingga informasi yang tersedia di situs web terkait dengan instansi-instansi yang ada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung masih terbatas.
id IOS4666.119228
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-22T04:09:23Z
last_indexed 2021-10-28T07:09:00Z
recordtype dc
_version_ 1751455170673246208
score 17.538404