Pengaruh City Branding Terhadap City Image Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kota Malang

Main Author: Sulistyaningtyas, Wiwied
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119203/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh City Branding terhadap City Image; (2) pengaruh tidak langsung City Image terhadap Keputusan Berkunjung; dan pengaruh City Branding terhadap Keputusan Berkunjung dengan City Image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 112 responden yang merupakan wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini dari analisis jalur diketahui bahwa: (1) variabel City Branding (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel City Image (Y1) (2) variabel City Image (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y2) (3) variabel City Branding (X) berpengaruh tidak langsung signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung dengan City Image (Y1) sebagai variabel mediasi. Pemerintah Kota Malang hendaknya lebih meningkatkan lagi promosi “Beautiful Malang” agar lebih dikenal di masyarakat Kota Malang maupun dari luar Kota Malang agar terbentuk city image yang diinginkan dan terus membenahi Kota Malang sehingga Kota Malang benar-benar menjadi kota yang „cantik‟ dan „ramah‟ wisatawan.