Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang)
Main Author: | Fadhillah, Ivan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119115/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur negara, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Pemberian pelayanan yang memenuhi standar yang telah ditetapkan memang menjadi bagian yang perlu dicermati. Saat ini masih sering dirasakan bahwa kualitas pelayanan minimum sekalipun masih jauh dari harapan masyarakat. Maka dari itu perlu serangkaian pelatihan dan pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keahlian khusus untuk peningkatan kualitas kepada masyarakat. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan (Y) pada Dinas Perhubungan Kota Malang. Dalam penelitian ini peniliti menggunakan jenis penilitian kuantitatif dengan sifat deskriptif explanatory research dimana peneliti menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variable-variabel kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Dinas Perhubungan Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa kinerja pegawai sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu dapat diketahui bahwa terdapat beberapa variabel yaitu terdiri dari kualitas pekerjaan (X1), kuantitas pekerjaan (X2), sikap dan kehandalan (X3). Berkaitan dengan hal tersebut beberapa alat analisis yang digunakan yaitu melalui uji deskriptif dan uji hipotesis. Variabel tersebut terbukti baik secara simultan dan secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Oleh karena itu guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan Dishub Kota Malang sebaiknya lebih memperhatikan dari tiga aspek diatas sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dan menciptakan pelayanan yang prima. Saran dari peneliti adalah dilakukannya pengawasan, evaluasi kinerja yang diperketat dan di adakannya layanan pengaduan masyarakat serta perbaikan sarana dan prasarana karena dapat mendukung proses kinerja pegawai dalam aspek kuantitas pekerjaan yang menuntut adanya kecepatan dan ketepatan kerja sehingga pemberian pelayanan lebih maksimal.