Pengaruh Atribut Produk dan Promosi terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Berpindah Merek Menuju Indosat Ooredoo)
Main Author: | Pratiwi, ElyaWulan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119070/1/SKRIPSI_ELYA_WP.pdf http://repository.ub.ac.id/119070/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel Atribut Produk (X1) dan Promosi (X2) terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y), serta untuk mengetahui variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan perpindahan merek. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori atau penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang melakukan perpindahan merek menuju Indosat Ooredoo dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai F hitung > F tabel (24,863 > 3,09) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Atribut Produk (X1) dan Promosi (X2) memiliki pengaruh bersama-sama secara signifikan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y). Secara parsial variabel Atribut Produk (X1) menunjukkan nilai t hitung > t tabel (4,741 > 1,9847) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan variabel Promosi (X2) menunjukkan nilai t hitung > t tabel (3,341 > 1,9847) dan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Atribut Produk (X1) dan Promosi (X2) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y). Berdasarkan perhitungan koefisien beta dapat diketahui variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y) adalah variabel Atribut Produk (X1). Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel Atribut Produk (X1) dan Promosi (X2) memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y). Variabel Atribut Produk (X1) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Y).