Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung (Studi pada Jawa Timur Park 2 Kota Batu)

Main Author: Indriani, AmaliaRachma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118999/
Daftar Isi:
  • Strategi pemasaran yang dinamakan experiential marketing adalah strategi pemasaran yang mengutamakan aspek emosional pengunjung sebagai fokus utama. Melalui penerapan experiential marketing dalam sebuah destinasi wisata, pengunjung dapat merasakan pengalaman yang berbeda sehingga dapat menciptakan rasa puas serta keinginan untuk mengunjungi kembali destinasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Variabel Experiential Marketing terhadap variabel Kepuasan Pengunjung; 2) Variabel Experiential Marketing terhadap variabel Loyalitas Pengunjung dengan Variabel Kepuasan Pengunjung sebagai variabel mediasi; 3) Variabel Kepuasan Pengunjung terhadap variabel Loyalitas Pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah pengunjung Jawa Timur Park 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin Campbell dan mendapatkan sampel sebanyak 113 orang responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menyebarkan angket kepada pengunjung yang sudah pernah mengunjungi Jawa Timur Park 2 minimal dua kali. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pengunjung dengan koefisien jalur sebesar 0,720 dengan angka probabilitas 0,000 (p<0,05). Variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh signifikan dengan angka probabilitas 0,000 (p<0,05) dan koefisien jalur sebesar 0,432. Variabel Kepuasan Pengunjung berpengaruh tidak signifikan dengan angka probabilitas sebesar 0,053 (p>0,05) dan koefisien jalur sebesar 0,214. Hasil yang diperoleh memiliki kesimpulan bahwa pengalaman baik yang disampaikan melalui interaksi dengan hewan secara langsung dapat membuat pengunjung merasa puas dan loyal terhadap Jawa Timur Park 2.