Analisis Faktor-Faktor Experiential Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Legend Coffee Malang)

Main Author: Munthaha, NizarRozaqieSyahrul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118965/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Experiential Marketing, untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap Loyalitas Pelanggan, dan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Loyalitas Pelanggan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Experiential Marketing yang terdiri dari Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), Relate (X5), dan Loyalitas Pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Legend Coffee Malang yang berusia minimal 17 tahun dan pernah mengunjungi Legend Coffee Malang minimal dua kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 orang responden dengan menggunakan tenik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis linier regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima buah faktor yang membentuk Experiential Marketing, yaitu Faktor Feel (X1), Faktor Act (X2), Faktor Sense (X3), Faktor Relate (X4), dan Faktor Think (X5). Kelima faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa faktor Think merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya pihak Legend Coffee Malang dapat mempertahankan dan meningkatkan konsep kafe yang menarik yaitu games kafe yang buka selama 24 jam dan memiliki 7 jenis permainan serta berbagai menu yang beragam, karena hal itu akan dapat meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan intensitas konsumen untuk berkunjung di Legend Coffee Malang.