Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun)
Main Author: | Juliyanto, IlhamTri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117164/1/051501191_-_ILHAM_TRI_JULIYANTO.pdf http://repository.ub.ac.id/117164/ |
Daftar Isi:
- Dalam era globalisasi seperti saat ini persaingan di dunia bisnis yang dihadapi setiap perusahaan menjadi sangat ketat seiring dengan pertumbuhan perekonomian, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan dunia bisnis meningkat pesat saat ini terutama pada sektor jasa transportasi. Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi yang memiliki peran cukup strategis dalam ekonomi nasional sesuai dengan UU No. 23 Tahum 2007 tentang perkeretaapian. PT. KAI sebagai BUMN harus mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kepentingan Negara dan kemakmuran rakyat, dalam hal ini diartikan sebagai memberikan pelayanan. Kualitas pelayanan yang prima merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan konsumen atau bahkan menarik konsumen. Terkait dengan masalah kualitas pelayanan PT. KAI yang dinilai terus memburuk, terutama soal keamanan, keselamatan, kenyamanan dan keterlambatan kereta api, PT KAI berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan sesuai dengan SPM dan SOP yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan PT. KAI DAOP VII Madiun dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, serta mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan PT. KAI DAOP VII Madiun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api yang dilakukan PT. KAI DAOP VII Madiun dapat dikatakan berhasil untuk mengatasi masalah pelayanan, kenyamanan, ketepatan waktu dan keselamatan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan master strategy seperti enterprise strategy, Corporate strategy, bussines strategy dan functional strategy oleh PT. KAI DAOP VII Madiun dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Saran dari peneliti adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, untuk pemerintah diharapkan dalam pembayaran PSO tidak terjadi keterlambatan. Untuk PT. KAI diharapkan meningkatkan kontrol terhadap kondisi sarana dan prasarana, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan, petugas di stasiun bersikap sesuai dengan SPM yang berlaku. Kemudian untuk masyarakat diharapkan menghentikan kebiasaan buruk, melakukan pengrusakan sarana dan prasarana kereta api dan untuk pedagang asongan dan calo tiket diharapkan mematuhi aturan hukum yang telah ditetapkan.