Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun)

Main Author: Juliyanto, IlhamTri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117164/1/051501191_-_ILHAM_TRI_JULIYANTO.pdf
http://repository.ub.ac.id/117164/
ctrlnum 117164
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/117164/</relation><title>Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun)</title><creator>Juliyanto, IlhamTri</creator><subject>351 Public administration</subject><description>Dalam era globalisasi seperti saat ini persaingan di dunia bisnis yang dihadapi setiap perusahaan menjadi sangat ketat seiring dengan pertumbuhan perekonomian, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan dunia bisnis meningkat pesat saat ini terutama pada sektor jasa transportasi. Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi yang memiliki peran cukup strategis dalam ekonomi nasional sesuai dengan UU No. 23 Tahum 2007 tentang perkeretaapian. PT. KAI sebagai BUMN harus mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kepentingan Negara dan kemakmuran rakyat, dalam hal ini diartikan sebagai memberikan pelayanan. Kualitas pelayanan yang prima merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan konsumen atau bahkan menarik konsumen. Terkait dengan masalah kualitas pelayanan PT. KAI yang dinilai terus memburuk, terutama soal keamanan, keselamatan, kenyamanan dan keterlambatan kereta api, PT KAI berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan sesuai dengan SPM dan SOP yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan PT. KAI DAOP VII Madiun dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, serta mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan PT. KAI DAOP VII Madiun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api yang dilakukan PT. KAI DAOP VII Madiun dapat dikatakan berhasil untuk mengatasi masalah pelayanan, kenyamanan, ketepatan waktu dan keselamatan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan master strategy seperti enterprise strategy, Corporate strategy, bussines strategy dan functional strategy oleh PT. KAI DAOP VII Madiun dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Saran dari peneliti adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, untuk pemerintah diharapkan dalam pembayaran PSO tidak terjadi keterlambatan. Untuk PT. KAI diharapkan meningkatkan kontrol terhadap kondisi sarana dan prasarana, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan, petugas di stasiun bersikap sesuai dengan SPM yang berlaku. Kemudian untuk masyarakat diharapkan menghentikan kebiasaan buruk, melakukan pengrusakan sarana dan prasarana kereta api dan untuk pedagang asongan dan calo tiket diharapkan mematuhi aturan hukum yang telah ditetapkan.</description><date>2014-11-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/117164/1/051501191_-_ILHAM_TRI_JULIYANTO.pdf</identifier><identifier> Juliyanto, IlhamTri (2014) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2015/14/051501191</relation><recordID>117164</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Juliyanto, IlhamTri
title Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun)
publishDate 2014
topic 351 Public administration
url http://repository.ub.ac.id/117164/1/051501191_-_ILHAM_TRI_JULIYANTO.pdf
http://repository.ub.ac.id/117164/
contents Dalam era globalisasi seperti saat ini persaingan di dunia bisnis yang dihadapi setiap perusahaan menjadi sangat ketat seiring dengan pertumbuhan perekonomian, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan dunia bisnis meningkat pesat saat ini terutama pada sektor jasa transportasi. Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi yang memiliki peran cukup strategis dalam ekonomi nasional sesuai dengan UU No. 23 Tahum 2007 tentang perkeretaapian. PT. KAI sebagai BUMN harus mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kepentingan Negara dan kemakmuran rakyat, dalam hal ini diartikan sebagai memberikan pelayanan. Kualitas pelayanan yang prima merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan konsumen atau bahkan menarik konsumen. Terkait dengan masalah kualitas pelayanan PT. KAI yang dinilai terus memburuk, terutama soal keamanan, keselamatan, kenyamanan dan keterlambatan kereta api, PT KAI berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan sesuai dengan SPM dan SOP yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan PT. KAI DAOP VII Madiun dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, serta mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan PT. KAI DAOP VII Madiun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api yang dilakukan PT. KAI DAOP VII Madiun dapat dikatakan berhasil untuk mengatasi masalah pelayanan, kenyamanan, ketepatan waktu dan keselamatan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan master strategy seperti enterprise strategy, Corporate strategy, bussines strategy dan functional strategy oleh PT. KAI DAOP VII Madiun dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Saran dari peneliti adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, untuk pemerintah diharapkan dalam pembayaran PSO tidak terjadi keterlambatan. Untuk PT. KAI diharapkan meningkatkan kontrol terhadap kondisi sarana dan prasarana, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan, petugas di stasiun bersikap sesuai dengan SPM yang berlaku. Kemudian untuk masyarakat diharapkan menghentikan kebiasaan buruk, melakukan pengrusakan sarana dan prasarana kereta api dan untuk pedagang asongan dan calo tiket diharapkan mematuhi aturan hukum yang telah ditetapkan.
id IOS4666.117164
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-22T04:07:12Z
last_indexed 2021-10-28T07:07:08Z
recordtype dc
_version_ 1751455449543081984
score 17.538404