Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya pada Minat Beli (Studi pada Penjual Online yang Menggunakan Jasa Pengiriman PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE))
Main Author: | Ariszani, Merza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117003/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) pengaruh citra perusahaan terhadap kepercayaan; 2) pengaruh citra perusahaan terhadap minat beli; 3) pengaruh kepercayaan terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi citra perusahaan, kepercayaan, dan minat beli. Populasi penelitian ini adalah penjual online yang menggunakan jasa pengiriman PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Sampel sebanyak 102 orang responden yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukan bahwa: (1) variabel citra perusahaan (X) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel kepercayaan (Y1); (2) variabel citra perusahaan (X) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap minat beli (Y2); (3) variabel kepercayaan (Y1) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap minat beli (Y2). Dengan demikian, PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) tetap mempertahankan kualitas pelayanan jasa, untuk meningkatkan citra yang baik dan positif.